Bagikan ke
Kwikku
Bagikan ke
Facebook
Bagikan ke
Twitter
Bagikan ke
LinkedIn
Bagikan ke
Google+
10 hal yang bakal kalian rasakan saat kalian menjadi mahasiswa Pendidikan IPA unnes
10 hal yang bakal kalian rasakan saat kalian menjadi mahasiswa Pendidikan IPA unnes
10 hal yang bakal kalian rasakan saat kalian menjadi mahasiswa Pendidikan IPA unnes,

Tema : Perjalanan

10 hal yang bakal kalian rasakan saat kalian menjadi mahasiswa Pendidikan IPA unnes

Oleh : Risyanti (4001414040)

Bagi kalian mahasiswa prodi pendidikan pasti tidak asing lagi dengan prodi pendidikan IPA, apalagi jika prodi SMA kalian IPA pasti kalian akan tahu betul akan prodi yang satu ini. Konon katanya, prodi ini adalah prodi yang sulit, karena mahasiswa pendidikan IPA dituntut untuk menguasai tiga bidang kajian ilmu seperti kimia, fisika dan biologi, tambahan lagi yaitu bidang kajian bumi dan antariksa. Namun, selain dianggap prodi yang sulit kalian bakal menemukan hal-hal diluar pemikiran kalian, apalagi jika kalian masuknya ke prodi pendidikan IPA universitas negeri semarang, disana kalian akan mendapatkan banyak hal yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Apa saja hal- hal tersebut? Ini dia....

1. Bangga

Yap rasa bangga, rasa inilah yang bakalan kalian rasakan saat kalian masuk ke prodi IPA unnes. Bagaimana tidak, untuk bisa masuk ke prodi ini kalian harus merebutkan satu kursi dari empat puluh orang. Bisa di bayangin kan, seandainya kalian harus lari dengan tiga puluh sembilan orang lain demi merebutkan satu kursi yang ada di garis finis . luar biasa bukan? Makanya kalian pasti bakal ngerasain yang namanya bangga jika bisa masuk ke prodi yang satu ini. Walaupun termasuk prodi baru di unnes, tapi jangan tanya ketatnya persaingan di prodi ini.

2. Salah prodi

Bagi kalian mahasiswa baru IPA, kalian bakal ngerasain yang namanya salah prodi. Sampai penulis menulis artikel ini, masih banyak keluhan dari beberapa mahasiswa baru IPA di unnes yang ngerasa salah prodi, mulai dari mereka yang update di akun twitter mereka, nulis status di aplikasi bbm bahkan di facebook mereka masing- masing. Penulis juga saat pertama masuk ke prodi ini merasakan hal itu, tapi jika sudah masuk ke semester dua kalian akan terbiasa.

3. Stressnya menjadi mahasiswa baru

Selain ngerasa bakal salah prodi kalian juga bakal stress saat pertama kali jadi mahasiswa IPA, bagaimana tidak semester awal saja kalian bakal dapet tiga belas mata kuliah yang tiga diantaranya adalah praktikum, gimana ga puyeng tuh? Malam minggu kalian bakal sering ditemenin sama yang namanya laporan praktikum, tiap minggu pagi kalian juga bakal ngrasain tangan yang pegel, mata yang ngantuk, bangun siang dan gak kalah tiap minggu kalian bakal ngabisin satu bolpoin buat nulis coretan coretan di buku praktikum yang udah kalian beli dengan motif sampul sama tiap rombelnya. Memang budaya seperti itu yang ada di IPA sejak pertama kali di dirikan. Menarik bukan?

4. Bakal ketemu setiap hari dengan dosen ganteng seantero FMIPA

Keempat, ini yang paling di sukai oleh semua mahasiswa IPA, siapa lagi jika bukan pak Arif Widyatmoko, bagi kalian mahasiswa IPA pasti tahu dong sama dosen satu ini. Beliau adalah dosen IPA dari awal pertama kali prodi IPA didirikan, beliau yang termasuk salah satu orang yang berjasa karena berkat bantuan kerja keras beliaulah prodi ini ada, kerenkan? Beliau juga dosen yang paling banyak penggemarnya, bagaimana tidak selain ganteng beliau juga jago ngelawak lho. Kalian gak bakalan ngerasa jenuh deh sama dosen yang satu ini, kalian gak bakalan ngerasain sedih kalo ada beliau dikelas. Dosen dengan kemampuan mengajar di berbagai mata kuliah, seperti fisika, statistika, IPA dasar, kajian kurikulum IPA ini sering disebut dosen paling ganteng dan kece seantero MIPA. Bangga gak tuh jadi salah satu keluarga besar IPA?

5. Mata kuliahnya yang oke punya

Mata kuliah merupakan istilah yang tak asing bagi mahasiswa, karena mata kuliah merupakan bahan yang harus kalian dapatkan dan harus kalian tempuh sekaligus kalian kuasai. Nah bagi kalian mahasiswa IPA pasti tahu dong mata kuliah apa aja yang ada di prodi IPA? Yah bisa di tebak si namanya aja udah IPA pasti hubungannya gak jauh jauh sama hal-hal yang berbau fisika, kimia, biologi dan bumi antariksa. Karena keempat hal tadilah yang membuat IPA menarik karena kalian tidak hanya belajar biologi saja, ataupun fisika tapi kalian bakal dapetin semuanya, menarik kan? Tapi karena keempat bidang kajian tadi kalian bakal kerja ekstra keras, bagaimana tidak prodi lain di MIPA mereka hanya mengampu satu bahasan saja tapi kalian mahasiswa IPA harus menguasai keempatnya, selain itu kalian juga harus praktik keempatnya. Nah inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa IPA.

6. Bakal jadi seorang penulis dadakan

Ini adalah salah satu profesi yang akan kalian tekuni saat menjadi mahasiswa IPA, kalian bakal menyandang profesi baru yaitu seorang penulis. Keliatannya sih keren, tapi jangan bayangkan kalian bakal nulis sebuah cerita pendek yang mengisahkan tentang cerita cinta antara dua remaja yang bertemu di gerbang sekolah yang kemudian berakhir dengan jatuh cinta pada pandangan pertama, atau menulis novel yang alur ceritanya maju berkisah tentang dua anak manusia yang cintanya tak direstui orang tuanya karena masalah perbedaan kasta keluarga keduanya, bukan itu. Kalian bakal jadi penulis mengenai hasil praktikum kalian, yap lebih tepatnya penulis laporan praktikum. Di prodi IPA kalian dituntut untuk menulis laporan praktikum tiap minggunya, bukan lagi menulis dengan laptop yang bisa kalian copy and paste gitu aja tapi kalian bakal menulis di buku tulis dengan tinta bolpoin, siap siap aja deh tuh tangan kena encok.

7. Hanya di IPA kalian bakal ketemu Etnosains

Nah ini adalah yang menarik, mata kuliah ini adalah mata kuliah satu satunya yang ada di prodi IPA, dan gak bakalan kalian temui deh di prodi fisika kimia maupun biologi di fakultas MIPA. Karena mata kuliah ini penemunya adalah ketua prodi IPA, nah semakin tertarik bukan untuk masuk prodi ini? Pokoknya kalian bakal dapet ilmu yang keren deh dari mata kuliah ini.

8. Mahasiswa baru merupakan orang paling penting dalam sejarah IPA

Bagaimana rasanya jika kita dianggap orang paling penting dan berpengaruh bagi orang lain disekitarnya? Wah pasti rasanya sangat bangga bukan? Nah jika kalian jadi mahasiswa IPA kalian bakal ngerasain itu karena saat kalian menjadi mahasiswa baru keberadaan kalian bakal sangat penting bagi prodi ini. Karena dalam kegiatan apapun di prodi, keikutsertaan kalian sangat di butuhkan, bagaimana tidak jumlah mahasiswanya yang sedikit menjadikan segala bentuk kegiatan memebutuhkan anggota yang banyak. Nah keberadaan kalianlah menjadi hal yang begitu diuntungkan, entah kalian menjadi peserta ataupun panitia.

9. Kalian bakal nemuin banyak ancaman

Yap, ancaman. Jangan takut dulu, ancaman ini gak bahaya kok. Jadi waktu kalian menyandang predikat mahasiswa baru kalian bakal mendapat hal- hal yang memintamu untuk wajib mengikuti kegiatan. Hal ini karena sedikitnya jumlah mahasiswa IPA, jadi jika tidak diwajibkan maka acara apapun tidak akan berjalan karena nanti gak ada pesertanya. Biasanya mahasiswa IPA menganggapnya sebagai sebuah ancaman dari para senior, dan mereka mahasiswa baru masih mau saja diwajibkan ikut kegiatan, maklum saja namanya juga mahasiswa baru ya nurut-nurut saja.

10. Jadi penguasa seluruh gedung perkuliahan FMIPA

Gedung perkuliahan FMIPA terdiri dari 4 gedung belum termasuk laboratorium, gedung ini merupakan gedung dari empat prodi di FMIPA seperti biologi, matematika, fisika dan kimia. Kalian pasti bingung kan dan bertanya-tanya dimana gedung IPA? Nah inilah yang menjadi IPA itu eksis ( slogan prodi IPA) karena keempat gedung tersebut dianggap sebagai gedung perkuliahan IPA, dimana setiap ada perkuliahan keempat gedung tersebutlah yang digunakan, mulai dari semester satu sampai semester lima. Nah bangga bukan menjadi mahasiswa IPA, yang lain gedungnya hanya satu tapi prodi IPA punya empat gedung. Benar benar penguasa MIPA.

Baca juga :

0
0
0
0
0
Komentar
PILIHAN TERBAIK UNTUK DIBACA
Likes Fourlook from Facebook
Maaf! Postingan berbahaya.
hanya pengguna yang mengizinkan postingan NSFW yang bisa melihat