Bagikan ke
Kwikku
Bagikan ke
Facebook
Bagikan ke
Twitter
Bagikan ke
LinkedIn
Bagikan ke
Google+
AC sudah nyala tapi masih tetap tidak dingin? Cek penyebabnya disini!
AC sudah nyala tapi masih tetap tidak dingin? Cek penyebabnya disini!
AC sudah nyala tapi masih tetap tidak dingin? Cek penyebabnya disini!,

Siapa yang tidak mengenal AC atau pendingin ruangan. Di zaman teknologi sekarang ini, AC sudah menjadi alat elektronik umum yang sering dijumpai di rumah, kantor atau bahkan kendaraan sekalipun. Seperti halnya air di tengah gurun pasir, AC ditengah cuaca panas sudah seperti oase yang menyejukkan. Jadi, kalau cuaca diluar panas, AC pun menjadi solusi utama yang terpikirkan. Tapi, bagaimana jika AC sudah anda nyalakan ternyata masih terasa tidak dingin?

Filter AC kotor atau tersumbat

Jangan terburu-buru berprasangka bahwa AC anda rusak! Coba cek filter AC anda terlebih dulu, apakah kotor atau mungkin tersumbat? AC kotor dan tidak terawat adalah penyebab umum dari AC yang tidak dingin. Akibatnya, performa AC di bagian indoor ataupun outdoor mengalami penurunan. Hal ini dapat mengakibatkan suhu ruangan menjadi tidak dingin. Jika hal ini terjadi pada AC anda, bersihkan AC secara rutin setiap 2-3 bulan sekali agar penumpukan kotoran dapat diminimalisir.

AC sudah nyala tapi masih tetap tidak dingin? Cek penyebabnya disini!

Jumlah freon yang berkurang

Freon adalah istilah dari cairan atau gas yang diisikan pada sistem AC. Pada sistem AC, terdapat berbagai siklus yang menyebabkan cairan freon ini mengalami perubahan wujud dan temperatur. Freon ini akan selalu bersirkulasi selama AC dihidupkan.

AC sudah nyala tapi masih tetap tidak dingin? Cek penyebabnya disini!

Jadi, apabila jumlah freon yang bersirkulasi dalam sistem berkurang, maka kemampuan untuk mendinginkan udara juga berkurang, sehingga yang dirasakan adalah hembusan udara AC menjadi tidak dingin. Selain itu, jumlah freon yang tidak cukup berpotensi menyebabkan terbentuknya lapisan es pada AC. Nah, jika lapisan es ini mencair saat AC dimatikan juga dapat menyebabkan terjadinya bocor pada indoor AC.

Untuk mengetahui apakah jumlah freon AC anda masih cukup atau tidak, anda bisa melakukan pengecekan dengan manifold atau alat pengukur tekanan freon.

Kompresor lemah atau mati total

Fungsi utama kompresor adalah mensirkulasikan freon di dalam sistem AC. Jadi apabila kompresor AC anda lemah atau bahkan mati total, maka aliran freon menjadi tidak lancar atau tidak bersirkulasi sama sekali. Selain itu, kerusakan yang mungkin terjadi pada kompresor antara lain tekanan lemah, bocor, atau tidak mau berputar sama sekali.

Kapasitas AC tidak sesuai dengan besar dan beban ruangan

Pernahkah anda merasa pengap & AC terasa tidak dingin di dalam ruangan atau kendaraan padahal temperatur AC sudah diset semaksimal mungkin? Nah, jumlah orang dan luas ruangan juga harus diperhitungkan sebelum membeli AC.

AC sudah nyala tapi masih tetap tidak dingin? Cek penyebabnya disini!

Ruangan yang memiliki banyak barang atau dihuni oleh banyak orang juga membutuhkan PK AC yang lebih besar. Jika PK AC tidak sesuai atau kurang dari yang dibutuhkan, maka proses pendinginan juga akan berlangsung lebih lama. Jadi, untuk menghindari kesalahan dalam membeli, ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan teknisi AC berpengalaman sebelum membeli AC rumah/ kantor anda.

Apa pun masalahnya, anda bisa mendapatkan teknisi service AC terpercaya, berpengalaman, dan jujur di www.beres.id. Teknisi AC Beres.id telah diverifikasi dan pelanggan tidak perlu takut akan penipuan. Kirimkan request kerja untuk kebutuhan rumah anda sekarang juga.

Baca juga :

0
0
0
0
0
Komentar
PILIHAN TERBAIK UNTUK DIBACA
Likes Fourlook from Facebook