Bagikan ke
Kwikku
Bagikan ke
Facebook
Bagikan ke
Twitter
Bagikan ke
LinkedIn
Bagikan ke
Google+
Akupuntur untuk Penderita Hipertiroidisme
Akupuntur untuk Penderita Hipertiroidisme
Akupuntur untuk Penderita Hipertiroidisme,

Menurut beberapa sumber dan jurnal kesehatan yang pernah dipublikasikan, dikatakan bahwa gangguan kesehatan yang dimaksud dengan hipertiroidisme adalah suatu jenis gangguan kesehatan yang dipicu oleh terlalu aktifnya kelenjar tiroid dalam menghasilkan tiroksin. Didalam tubuh, hormon tiroksin ini berguna untuk mengatur metabolisme peredaran darah dan pencernaan makanan. Terlalu berlebihnya kadar hormon tiroksin yang dilepaskan ke dalam peredaran darah pada akhirnya dapat memicu terjadinya anomali pada denyut jantung dan pergerakan usus sehingga timbul beberapa keluhan yang cukup mengganggu seperti irama denyut jantung yang tidak teratur, berkeringat, agitasi, gemetaran serta pergerakan usus besar yang semakin reaktif. Pada beberapa kasus, kegilaan serta gagal jantung bisa saja terjadi. Oleh karena itu, tindakan perawatan dan penanganan segera hendaknya selalu diperhatikan. Salah satu jenis terapi penanganan penyakit hipertiroidisme yang dapat dilakukan selain pemberian konsumsi oral obat-obatan adalah terapi akupuntur.

Kiat dan Tips

Berikut beberapa kiat dan tips melakukan terapi akupuntur untuk penderita hipertiroidisme sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Meridian limfe. Menurut salah seorang praktisi akupuntur yang membuka praktek di kawasan Surabaya, dikatakan bahwa pengobatan hipertiroidisme dapat dilakukan dengan memberikan perangsangan pada titik limfe. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa perangsangan titik limfe ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap peradangan atau inflamasi pada kelenjar thiroid yang dipicu oleh virus atau bakteri.
  • Meridian jantung unsur api. Titik meridian jantung unsur api ternyata juga berkaitan dengan pengaturan irama denyut jantung dan pergerakan persyarafan pada jaringan usus kecil dan besar. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, berlebihnya hormon tiroksin yang dilepaskan ke dalam aliran dapat mempengaruhi irama jantung dan pergerakan usus besar. Penggunaan jarum rangsangan kuat pada titik meridian ini berguna untuk menyeimbangkan dan menormalkan kembali refleks jantung dan usus.

Demikianlah beberapa melakukan terapi akupuntur untuk penderita hipertiroidisme yang bisa dipertimbangkan. Agar terapi pengobatan ini bisa semakin optimal, ada baiknya jika dilakukan secara sistemik dan berkelanjutan, serta menjalankan pola hidup sehat dengan kesungguhan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca juga :

0
0
0
0
0
Komentar
PILIHAN TERBAIK UNTUK DIBACA
Likes Fourlook from Facebook