Bagikan ke
Kwikku
Bagikan ke
Facebook
Bagikan ke
Twitter
Bagikan ke
LinkedIn
Bagikan ke
Google+
APAKAH KITA MENDERITA "TRYPHOBIA" ? CARA MENGHILANGKANNYA
APAKAH KITA MENDERITA "TRYPHOBIA" ? CARA MENGHILANGKANNYA
Fobia merupakan salah satu penyakit psikis yang membuat seseorang memiliki rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu hal. Orang yang memiliki fobia dapat terhambat kehidupannya dikarenakan rasa takutnya tersebut. Para pengidap fobia seringkali menjadi bahan candaaan teman-temannya.

Trypophobia adalah? Inilah cara mengobatinya.
Trypophobia
Apakah anda takut, jijik, merinding saat melihat kecoa? Jika iya berarti anda memiliki fobia terhadap kecoa. Apakah anda gemetar saat berada diketinggian? Tidak bisa bergerak saat melihat ke bawah? Jika itu yang anda rasakan, berarti anda mengidap fobia ketinggian. Sesimpel itu cara mendeteksi apakah anda memiliki fobia atau tidak.

Pengertian trypophobia
Salah satu fobia yang sedang ramai dibahas adalah trypophobia. Trypophobia adalah rasa takut saat melihat lubang-lubang kecil yang memiliki pola berulang, seperti sarang lebah, terumbu karang, sarang semut, kumpulan gelembung dan lainnya.

para saat penderita trypophobia melihat benda-benda berlubang, mereka merasa jijik, perut mual-mual, migrain, merinding, keringat dingin, kulit terasa gatal-gatal, dan lain-lain. bisa jadi efek tersebut terjadi dikarenakan para penderita trypophobia melihat kemiripan pola berlubang tersebut seperti hewan beracun atau sejenisnya.

Trypophobia sering juga disebut sebagai repetitive pattern phobia atau ketakutan akan pola yang berulang. Sebagian orang mengaku takut pada saat pertama kali melihat contoh-contoh gambar berlubang kecil dan berulang.

Menurut Arnold Wilkins dan Geoff Cole, para peneliti yang melakukan penelitian terhadap trypophobia pertama kali. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ketakutan yang dirasakan lebih ke arah jijik ketimbang rasa takut.

Meskipun banyak yang mengaku mengalami trypophobia, para dokter ahli tidak mengakui bahwa kondisi tersebut merupakan fobia yang sesungguhnya.

Penyebab trypophobia
Apa sih penyebab trypophobia? Dari mana datangnya rasa takut ini? Sampai saat ini belum dapat diketahui penyebab dari trypophobia. beberapa ahli menyimpulkan bahwa trypophobia sudah dialami sejak anak-anak, atau mengalami traumatik terhadap sesuatu yang berlubang.

Terapi penghilang trypophobia
Bagi penderita fobia, hal yang dilakukan untuk menghilangkan rasa takutnya adalah dengan terapi. Begitu juga bagi anda yang memiliki trypophobia, dapat disembuhkan melalui terapi. Dikarenakan belum diketahui penyebab dari trypophobia, maka pengobatan yang dilakukan adalah dengan melakukan konsultasi neurolinguistik, konsultasi psikologis, pengecekan perilaku kognitif.

Solusi lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan cara hipnoterapi. Yaitu para penderita dihilangkan rasa takutnya dengan cara hipnotis. Yakni menghilangkan rasa takut tersebut dari alam bawah sadarnya.

Index » 2

Baca juga :

0
0
0
0
0
Komentar
PILIHAN TERBAIK UNTUK DIBACA
Likes Fourlook from Facebook