Postingan ini tidak bisa disalin
Bagikan ke
Kwikku
Bagikan ke
Facebook
Bagikan ke
Twitter
Bagikan ke
LinkedIn
Bagikan ke
Google+
Bahaya Polip Hidung
Bahaya Polip Hidung
Bahaya Polip Hidung,

Bahaya Polip Hidung - Jangan sepelekan hidung tersumbat dan berair dalam jangka waktu lama. Bisa jadi itu merupakan gejala polip karena pilek yang lama jika dibiarkan akan berpotensi menimbulkan polip. Jika dibiarkan, polip bisa menimbulkan gejala radang otak dan merusak struktur wajah penderitanya.

Polip hidung atau yang biasa disebut polip nasi adalah selaput lendir (mukosa) yang membengkak dan melebar, sehingga terbentuk suatu tonjolan.Namun, meskipun berupa tonjolan, polip tidak bisa digolongkan sebagai tumor karena terbentuk dari jaringan yang sudah ada, yaitu jaringan mukosa. Polip hanya tergolong lesi jinak atau benign lession.

Polpi biasanya tumbuh di daerah selaput lendir, seperti di daerah sekitar lubang sinus pada rongga hidung. Ketika baru terbentuk, polip tampak seperti air mata, dan jika telah matang bentuknya menyerupai buah anggur yang berwarna keabu-abuan. Bisa hanya satu dan besar, bisa juga kecil tetapi banyak.

RADANG KRONIS

Polip hidung tidak berdiri sendiri Pembentukannya terkait dengan berbagai problem telinga, hidung, dan tenggorokan lainnya, seperti rinitis alergi, asma, radang kronis pada mukosa, kista fibrosis, intoleransi pada aspirin, dan lain-lain.

Sampai saat ini para pakar belum mendapat jawaban pasti apa yang mendasari munculnya benjolan kenyal berwarna putih keabuan bertangkai ini.

Sejumlah faktor yang memudahkan pemunculan polip antara lain radang kronis yang berulang akibat infeksi dan alergi pada mukosa hidung.

GEJALA POLIP

Gejala polip biasanya ditandai dengan hidung tersumbat, hidung berair, sakit kepala, demam, atau sakit bila ditekan. Dari pemeriksaan akan tampak pembengkakan di dalam hidung.Jika dibiarkan, polip dapat menutup rongga hidung dan menimbulkan komplikasi.


PENYEBAB & PROSES TERJADINYA POLIP

Faktor alergi dan infeksi menyebabkan radang berulang, sehingga terjadi pembengkakan di mukosa hidung. Makin lama penonjolan mukosa hidung bertambah panjang, sampai terbentuk tangkai. Itulah proses terjadinya polip.Menurut Dr.Syahrial, MH,Sp.THT, orang yang memiliki alergi atau sinusitis beresiko lebih besar terkena polip. Sinusitis sebagai akibat munculnya polip terjadi karena cairan tidak bisa keluar dari rongga hidung dan tertahan. Endapan cairan itu menjadi area yang cocok untuk berkembangnya kuman penyakit. Kondisi itulah yang mengakibatkan peradangan pada sinus atau yang lebih dikenal dengan sinusitis. cara mengobati benjolan di dalam hidung

MERUSAK TULANG WAJAH

Polip dibagi menjadi 3 gradasi: yaitu gradasi 1,2 dan 3.Gradasi 1 : Polip hanya tampak hanya dengan pemeriksaan endoskopi karena tumbuh kecil sekali.Gradasi 2 :Umumnya polip sudah agak besar, tetapi belum bisa dilihat dengan mata telanjang meski dapat dilihat dengan alat THT sederhana, seperti spatula hidung. Gradasi 3: Polip tampak sudah besar, bahkan jika dilihat dari luar terlihat memenuhi hidung.Yang paling fatal adalah merusak mata dan menyebabkan radang otak atau meningitis. Meski jarang terjadi, polip juga bisa merusak struktur tulang muka penderitanya, karena polip menekan tulang wajah dalam waktu lama. http://warungkopi.okezone.com/thread/656642/mengenal-penyakit-polip-hidung
Baca juga :

0
0
0
0
0
Komentar
PILIHAN TERBAIK UNTUK DIBACA
Likes Fourlook from Facebook