Bagikan ke
Kwikku
Bagikan ke
Facebook
Bagikan ke
Twitter
Bagikan ke
LinkedIn
Bagikan ke
Google+
Cara Membuat Keripik Ikan Nila dan Mujair
Cara Membuat Keripik Ikan Nila dan Mujair
Cara Membuat Keripik Ikan Nila dan Mujair,
Cara membuat keripik ikan nila terbilang mudah. Dalam artikel ini, ukuran ikan nila yang akan diolah bisa dari berbagai ukuran. Tidak hanya ikan nila yang  seukuran gelondongan atau 100 ekor/kg. Namun, ikan-ikan nila yang seukuran 2-3 jari orang dewasa bisa dipakai.

Keripik ikan nila dan mujair merupakan salah satu produk teknologi pangan berbahan dasar ikan. Hasil olahan ikan yang dibuat menjadi keripik akan menjadi awet disimpan. Dengan pengolahan yang benar, bisa awet sampai setahun. 
Cara Membuat Keripik Ikan Nila dan Mujair
Ikan nila
Ikan nila memiliki rasa daging yang gurih dan enak. Sayangnya, duri-duri yang ada pada tubuhnya terbilang banyak. Ikan-ikan nila yang berumur muda, duri-duri dan sisiknya masih lunak. Jika digoreng biasa sampai garing akan terasa renyah. Lain lagi untuk ikan-ikan nila yang sudah berumur dewasa, sisik dan durinya sudah keras. Untuk bagian sisiknya harus dibuang karena keras jika tetap digoreng. 
Cara membuat keripik ikan nila dan mujair:
  1. Siapkan ikan-ikan nila. Ikan nila yang bisa dibuat keripik mulai dari ukuran gelondong (100 ekor/kg) hingga seukuran 2-3 jari. Ikan nila ukuran konsumsi (5-6 ekor/kg) sebaiknya jangan dibuat keripik. Dagingnya tebal dan tulang-tulang maupun durinya sangat keras.
  2. Bersihkan ikan nila dari sisik-sisik yang menempel di tubuhnya. Untuk ikan nila yang berumur muda tidak usah dibersihkan sisik-sisiknya karena lunak saat digoreng.
  3. Belah ikan nila yang dimulai dari bagian atas ujung kepala terus menuju ke bagian punggung hingga berakhir ke bagian ekor. Pembelahan ini tidak sampai membuat bagian perut terputus. Gunakan pisau yang tajam supaya pembelahan mudah karena akan mengenai bagian pertulangan ikan.
  4. Buang bagian insang, isi perut. Cuci bersih dengan air.
  5. Rentangkan ikan yang sudah dbelah sehingga melebar.
  6. Tiriskan pada tempat terbuka supaya kandungan airnya berkurang. Kandungan air yang rendah tidak akan membuat tengik saat disimpan. 
  7. Siapkan minyak goreng.
  8. Siapkan juga adonan tepung terigu ditambah bumbu bawang.
  9. Campurkan ikan-ikan nila dengan dengan adonan tepung terigu
  10. Goreng ikan yang sudah kering angin hingga matang. Namun, tidak sampai garing. Tiriskan keripik ikan yang sudah digoreng untuk mengurangi kandungan minyak gorengnya.
  11. Ikan-ikan yang sudah digoreng ini bisa disimpan untuk digoreng lagi saat dibutuhkan.
  12. Saat akan dikonsumsi untuk lauk atau penganan kecil, keripik ikan nila ini digoreng kembali sampai garing.
Praktis bukan ulasan cara membuat keripik ikan nila dan mujair tersebut. Anda bisa membuatnya di rumah untuk keluarga tercinta. Kandungan gizi protein, lemak dan kaya kalsium di dalamnya sangat baik untuk tumbuh kembang anak dan kebutuhan nutrisi bagi seluruh anggota keluarga. Keripik ikan nila berharga cukup mahal kalau dijual. Keripik ini bisa juga dijadikan usaha rumahan yang menguntungkan.

Baca juga :

0
0
0
0
0
Komentar
PILIHAN TERBAIK UNTUK DIBACA
Likes Fourlook from Facebook