Bagikan ke
Kwikku
Bagikan ke
Facebook
Bagikan ke
Twitter
Bagikan ke
LinkedIn
Bagikan ke
Google+
Fakta-fakta 4 Perang Besar di Dunia
Fakta-fakta 4 Perang Besar di Dunia
Fakta-fakta 4 Perang Besar di Dunia, Seperti yang dikatakan Clausewitz, bapak ilmu perang modern, perang adalah kelanjutan lain dari politik. Bisa disebut juga perang adalah strategi politik dari suatu pihak. Namun dengan strategi itu yang tidak pernah bisa kita bayangkan adalah dampak yang ditimbulkannya.
Selain itu, terdapat pula fakta-fakta unik tentang perang tersebut. Berikut saya akan menyajikan kepada teman-teman tentang 4 perang besar di Dunia dengan faktanya yang unik.

1. Perang Salib

Fakta-fakta 4 Perang Besar di Dunia

Dalam sejarah, mungkin belum ada perang yang begitu dahsyat dan berdampak pada peradaban dunia. Perang ini berlangsung hampir 200 tahun Yaitu pada tahun 1099 sampai 1291 Masehi. Sehingga perang ini merupakan perang terbesar dan terlama sepanjang masa.
Peristiwa runtuhnya gedung WTC adalah bukti dari dampak perang salib tersebut. Padahal, perang salib lebih mengarah pada unsur politik daripada keyakinan

2. Perang Diponegoro

Fakta-fakta 4 Perang Besar di Dunia

Perang ini terjadi pada 1825 sampai 1830 masehi. Perang ini dipicu hal yang sepele yaitu penancapan tonggak-tonggak dalam proses pembuatan jalan rel kereta api. Ternyata dalam penancapan tonggak-tonggak tersebut, melewati makam leluhur Pangeran Diponegoro. Hal ini membuat Pangeran Diponegoro marah dan memulai perang terhadap Belanda.

3. Perang Vietnam

Fakta-fakta 4 Perang Besar di Dunia

Tentara Amerika Serikat merupakan tentara yang sangat perkasa di perang dunia ke-2. Namun, AS dibuat tak berdaya oleh keuletan tentara Vietnam Utara. Meski militer AS telah banyak mengembangkan senjata canggih, tetap saja mereka tak berdaya melawan taktik gerilya tentara Vietnam Utara yang biasa disebut Vietcong tersebut. Perang ini terjadi selama 18 tahun yaitu pada tahun 1957 sampai 1975. Saat itu pemimpin Vietnam Utara adalah Ho Chi Minh yang ternyata belajar taktik gerilya dari buku Abdul Haris Nasution, yang berjudul Strategy of Guerrilla warfare.

4. Perang Kurukshetra

Fakta-fakta 4 Perang Besar di Dunia

Perang Kurukshetra ini tidak diketahui dengan pasti kapan dan berakhirnya perang ini, sehingga kadang-kadang disebut sebagai perang yang terjadi pada Era Mitologi. Ada yang memperkirakan perang besar ini terjadi pada tahun 900 SM dan merupakan pertempuran antara sepuluh raja.

Sebenarnya masih banyak lagi perang besar di dunia dan fakta-faktanya yang unik. Namun karena waktu saya tidak cukup, saya hanya bisa menyajikan 4 perang saja.
Baiklah cukup sekian artikel yang saya bagikan, semoga bermanfaat bagi teman-teman

Baca juga :

0
0
0
0
0
Komentar
PILIHAN TERBAIK UNTUK DIBACA
Likes Fourlook from Facebook