Bagikan ke
Kwikku
Bagikan ke
Facebook
Bagikan ke
Twitter
Bagikan ke
LinkedIn
Bagikan ke
Google+
Mengenal Fungsi Penting Kesehatan Mata Manusia
Mengenal Fungsi Penting Kesehatan Mata Manusia
Mengenal Fungsi Penting Kesehatan Mata Manusia,

Sebelum anda benar-benar dapat memahami berbagai jenis penyakit mata, ada baiknya kita belajar sedikit mengetahui apa saja peran atau fungsi penting dari mata bagi manusia?

Meskipun organ mata berukuran kecil, ini adalah salah satu organ terpenting kita. Di mana perannya yang kompleks dalam membantu kita mampu melihat berbagai hal yang ada disekitar lingkungan kita. Mata dapat diibaratkan sebagai kamera. Dengan kedua perangkat, memfokuskan dan mentransmisikan cahaya melalui lensa untuk menciptakan citra lingkungan sekitar.

(* Pentingnya Menjaga Saluran Air Mata

Mata memiliki beberapa komponen dan fungsi utama yang berbeda² bagi mata. Di mana mereka bekerja sama untuk menangkap gambar dan mentransmisikannya langsung ke lobus oksipital otak melalui saraf optik. Saat kita melihat sebuah benda, cahaya yang dipantulkan darinya memasuki mata kemudian dibiaskan atau dibengkokkan. Ini menciptakan citra objek yang fokus dan terbalik yang harus diinterpretasikan dan beralih ke arah yang benar.

Meskipun mata kita hanya bisa melihat dalam dua dimensi, kita dapat menentukan jarak dan kedalaman di dunia tiga dimensi kita. Ini karena otak menafsirkan dua gambar yang sedikit berbeda yang mata kiri dan kanan kita lihat sebagai satu. Ini disebut visi stereoskopis. Isyarat visual lainnya, seperti bayang-bayang, bagaimana objek saling menghalangi, dan pengetahuan kita tentang ukuran benda yang berbeda juga membantu kita menentukan kedalaman dan jarak.

Serangkaian otot membantu mata bergerak. Set pertama adalah otot rektus superior dan inferior, yang memungkinkan gerakan ke atas dan ke bawah. Otot rektus medial dan lateral memungkinkan mata bergerak dari sisi ke sisi sambil tetap berada di tingkat. Otot oblique superior dan inferior membiarkannya bergerak ke atas atau ke bawah dan ke samping. Sebagian besar otot ini dikendalikan oleh saraf okulomotor.

(* Bahaya komplikasi mata akibat diabetes

Gesekan dari gerakan ini akan cepat merusak mata tanpa pelumasan. Air mata yang dilepaskan oleh kelenjar lakrimal menyebar dengan berkedip, dan memberi pelumasan untuk mata. Air mata juga membantu menghilangkan benda asing, seperti debu dan bakteri yang bisa menyebabkan kerusakan.

Mengenal Fungsi Penting Kesehatan Mata Manusia

  1. Kornea adalah bagian transparan mata yang menutupi bagian depan mata. Ini mencakup pupil (bukaan di bagian tengah mata), iris (bagian berwarna mata), dan ruang anterior (bagian dalam yang berisi cairan). Fungsi utama kornea adalah membiaskan, atau menekuk, cahaya. Kornea bertanggung jawab untuk memfokuskan sebagian besar cahaya yang masuk ke mata.

    Kornea terdiri dari protein dan sel, dengan tidak mengandung pembuluh darah, tidak seperti kebanyakan jaringan tubuh manusia. Pembuluh darah mungkin mengapit kornea, yang dapat mencegahnya dari pembiasan cahaya dengan benar dan dapat mempengaruhi penglihatan. Karena tidak ada penyalur pembuluh darah nutrisi di kornea, air mata dan humor berair (cairan berair) di ruang anterior memberikan kornea dengan nutrisi.

    Kornea terdiri dari lima lapisan: epitel, lapisan Bowman, stroma, membran Descemet, dan endotelium. Lapisan pertama, epitel, adalah lapisan sel yang menutupi kornea. Ini menyerap nutrisi dan oksigen dari air mata dan menyampaikannya ke bagian kornea lainnya. Ini berisi ujung saraf bebas. Di mana hal tersebut juga mencegah benda asing masuk ke mata.

    Kornea cenderung memperbaiki dirinya dengan cepat dari lecet ringan. Namun, lecet yang lebih dalam dapat menyebabkan bekas luka terbentuk pada kornea, yang menyebabkan kornea kehilangan transparansi, menyebabkan gangguan penglihatan. 
  2. Retina adalah lapisan tipis jaringan yang melapisi bagian belakang mata di bagian dalam. Terletak di dekat saraf optik. Tujuan retina adalah menerima cahaya yang difokuskan lensa, mengubah cahaya menjadi sinyal saraf, dan mengirimkan sinyal ini ke otak untuk pengenalan visual.

    Retina memproses cahaya melalui lapisan sel fotoreseptor. Ini pada dasarnya adalah sel peka cahaya, bertanggung jawab untuk mendeteksi kualitas seperti warna dan intensitas cahaya. Retina memproses informasi yang dikumpulkan oleh sel fotoreseptor dan mengirimkan informasi ini ke otak melalui saraf optik. Pada dasarnya, retina memproses gambar dari cahaya terfokus, dan otak tertinggal untuk menentukan gambarnya.

    Karena peran vital retina dalam penglihatan, kerusakan pada itu bisa menyebabkan kebutaan permanen. Kondisi seperti detasemen retina, dimana retina terlepas secara tidak normal dari posisi normalnya, dapat mencegah retina menerima atau memproses cahaya. Ini mencegah otak menerima informasi ini, sehingga menyebabkan kebutaan. 
  3. Makula mengandung konsentrasi sel peka cahaya yang sangat besar yang dapat disebut sebagai fotoreseptor yang memungkinkan kita untuk melihat berbagai hal dengan sangat rinci dan menerima sinyal warna.
  4. Saraf optik terbentuk dari semua serabut saraf halus yang berasal dari fotoreseptor di retina. Serat ini berkumpul menjadi bundel seperti kabel dan keluar dari belakang mata melalui bukaan kecil di lapisan luarnya yang keras. Kepala saraf optik ini dipandang melalui pupil sebagai struktur yang disebut optical disc.
  5. Dua fungsi lensa pada mata adalah untuk memfokuskan cahaya ke retina serta membantu mata terfokus pada objek dalam berbagai jarak. Terkadang lensa mata tidak dapa berfungsi dengan baik atau membutuhkan bantuan  ekstra untuk bisa kembali fokus pada objek dengan benar, Masalah yang sering memicu pada lensa mata di mana ia bisa menjadi keruh karena seiring bertambahnya usia yang mana lebih dikenal sebagai penyakit katarak.

Mata mulai berfungsi atau bekerja saat mereka bangun dari tidur dan menutup saat mereka tertidur. Mata banyak perannya, di mana ia juga menyerap banyak informasi tentang dunia disekitar kita dengan mengetahui bentuk, warna, gerakan dan banyak lagi.


Itulah sedikit artikel mengenai Mengenal Fungsi Penting Kesehatan Mata Manusia sejak dini. Semoga informasinya bermanfaat dan salam sehat..

Treatment recommendations >> Suplemen Ampuh Gangguan Mata Terlaris
Sumber Postingan: http://goo.gl/TmbNF0
Baca juga :

0
0
0
0
0
Komentar
PILIHAN TERBAIK UNTUK DIBACA
Likes Fourlook from Facebook