Sumber: www.sott.net

Gempa bumi di Indonesia seperti nggak ada habisnya. Setelah wilayah Bali yang sempat diguncang karena aktivitas Gunung Agung yang mulai aktif, kini Lombok yang jadi daerah gempa berkekuatan dahsyat. Bahkan guncangan terjadi terus menerus selama dua minggu terakhir ini.

Peristiwa gempa yang paling dahsyat dan memicu terjadinya tsunami pernah terjadi ratusan ribu silam akibat aktivitas Gunung Krakatau. Ratusan ribu nyawa jadi korbannya. Bahkan guncangan terasa hingga ke beberapa negara di dunia. Kemudian tsunami Aceh yang setidaknya menewaskan 230.000 orang dan tercatat sebagai bencana paling besar dalam dekade terakhir.

Bukan tanpa alasan Indonesia sering mengalami gempa dahsyat. Hal tersebut dikarenakan negara kita sepenuhnya berada di wilayah Ring of Fire. Nah, kalau kamu sering dengar istilah ini tapi nggak tahu apa maksutnya, yuk simak ulasan di bawah ini?

1Ring of Fire merupakan istilah untuk wilayah di kawasan Samudera Pasifik, seperti Asia Tenggara termasuk Indonesia, Jepang, Amerika Selatan hingga Amerika Utara.

Sumber: en.wikipedia.org

2Memiliki luas wilayah hingga 40.000 kilometer atau 25.000 mil, Ring of Fire berbentuk melingkar dan disebut-sebut sebagai area lempeng paling luas.

Sumber: blitzquotidiano.it

3Dari banyaknya lempeng di muka bumi ini, Ring of Fire merupakan yang paling aktif. Sebanyak 80-90% gempa terjadi di wilayah ini.

Sumber: themostimportantnews.com

4Wilayah-wilayah yang dilewati oleh cincin api ditandai dengan banyaknya gunung api.

Sumber: www.dw.com

5Sebanyak 75% gunung api berada di area negara yang dilewati oleh Ring of Fire. Indonesia salah satunya.

Sumber: www.express.co.uk

6Sebanyak 452 gunung api yang ada di area Ring of Fire dinamakan Circum Pacific-belt.

Sumber: fr.wikipedia.org

7Nggak heran kalau selama ini gempa dahsyat terjadi di negara itu-itu aja, seperti Filipina, Indonesia, Jepang sampai Chili.

Sumber: www.straitstimes.com

8Baru-baru saja juga terjadi erupsi gunung api di Bali, yakni Gunung Agung. Sementara di Filipina ada Gunung Mayon dan Gunma di Jepang.

Sumber: regional.kompas.com

9Aktifnya gunung api ini merupakan pertanda kalau Ring of Fire juga selalu bekerja.

Sumber: balitribune.co.id

10Para ahli geologi masih meneliti kerja lempeng bumi dan bagaimana pergerakannya agar bencana bisa ditanggulangi lebih dini.

Sumber: geology.lafayette.edu

(ind/flk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here