Sumber: www.newbeauty.com

Membersihkan wajah secara rutin setiap hari bisa membuat kulitmu lebih cerah, bersih dan bercahaya. Kamu bisa tampil lebih percaya diri karena memiliki wajah yang terawat dan anti kusam. Tapi cuy, apakah selama ini sudah melakukannya dengan benar?

Nah, tata cara membersihkan wajah yang salah nggak akan ngefek ke kulit wajahmu. Yang ada justru malah bikin jerawatan dan komedoan. Menurut penjelasan Joshua Zeichner, M.D, direktur dermatology clinical reserach di Rumah Sakit Mount Sinai New York, tata cara membersihkan yang benar bisa menciptakan kulit wajah yang sehat dan terhindar dari inflamasi dini.

By the way, apa saja sih kesalahan dalam membersihkan wajah yang sering dilakukan?

1Nggak membersihkan wajah sebelum tidur

Sumber: klankosova.tv

Membersihkan wajah pada malam hari bisa membantu merawat kulitmu secara maksimal. Selama seharian penuh, kulit dipenuhi oleh minyak, kotoran hingga polusi, oleh sebab itulah pembersihan secara menyeluruh secara rutin setiap malam dapat meregenerasi sel kulit dan wajah akan cerah saat keesokan harinya.

2Lupa membersihkan wajah dengan ERTO’S Facial Wash

Sumber: 30seconds.com

Membersihkan wajah dengan sabun dan air saja tidak cukup, guys. Pembersihan malam hari akan lebih maksimal bila mengaplikasikan ERTO’S Facial Wash. Aplikasikan secara rata ke seluruh wajah. Lakukan pemijatan ringan selama beberapa menit. Biarkan kandungannya terserap oleh kulit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Menggunakan Ertos Facial Wash secara rutin bisa membantu mengangkat minyak, kotoran, hingga debu polusi. Keesokan harinya, wajah jadi lebih cerah, segar dan bebas penuaan dini.

3Dibilas dengan air terlalu hangat

Sumber: clark.com

Ait hangat adalah teman terbaik kulit wajahmu, terutama pada area sensitif. Penggunaannya juga lebih nyaman saat suhu udara mulai dingin, sehingga wajah jadi lebih rileks.

Tapi tahu nggak, menurut Dr. Zeichmer, suhu ekstrem, seperti panas dan hangat justru dapat berdampak pada pelebaran pembuluh darah dan kerusakan jaringan halus. Itu artinya kulit wajahmu lebih mudah kering dan timbul garis-garis halus.

4Menggunakan cleanser untuk bersihkan makeup

Sumber: www.superdrug.com

Pernah nggak sih kamu membersihkan makeup dengan pembersih wajah? Guys, banyak brand komestik dibuat anti air sehingga lebih sulit dibersihkan. Oleh sebab itu, harusnya pisahkanlah pembersih makeup dan wajah. Kemudian jangan lupa bilas dengan air bersih.

5Cuma pakai tisu untuk membersihkan makeup

Sumber: encian.hr

Membersihkan wajah hanya dengan tisu nggak akan cukup. Sekalipun tisu yang kamu gunakan bersih, namun bekas makeup nggak akan bisa bersih secara maksimal. Hal itu justru akan membuat jamur dan bakteri berkembang biak.

6Pembersih yang salah untuk jenis kulitmu

Sumber: www.ilovetherapie.ca

Pembersih adalah teman terbaik untuk mengangkat kotoran, minyak dan bekas makeup yang ada di permukaan kulit. Tapi, apabila kamu ngasal dalam memilih jenis pembersih, justru akan berakibat fatal.

  • Kulit sensitiif, aplikasikan pembersih dengan kandungan air lebih banyak
  • Kulit berminyak dan berjerawat, aplikasikan pembersih dengan foaming karena kandungan salicylic acid-nya membnatu mengangkat minyak dan kotoran.
  • Kulit kering, aplikasikan pembersih tanpa foam atau cream cleanser sehingga bisa melembapkannya.

7Membersihkan dengan sabun batang

Sumber: mamamia.com.au

Jika kulitmu tak sensitif, mungkin lebih fleksibel meski dicuci dengan sabun batang. Namun menurut DR. Zeichner, jika diaplikasikan secara terus menerus justru membuat wajah jadi meradang, merah karena pembuluh darah pecah. Sebaiknya gunakanlah pembersih yang memiliki pH sesuai dengan kulit wajah, seperti Ertos Facial Wash untuk menjaganya tetap lembap, bersih dan glowing sepanjang hari.

8Menggunakan lap bekas

Sumber: resveralife.com

Usai membilas wajah dengan pembersih dan air, biasanya kamu mengeringkannya dengan lap. Nah, jika bahan kain tersebut digunakan lagi dalam waktu berulang kali justru akan menyebabkan jamur dan bakteri berpindah ke kulit wajahmu. Oleh sebab itu, gantilah lap setiap dua hari sekali untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

9Mengeringkan dengan handuk

Sumber: leaf.tv

Sudah jadi kebiasaan usai membasuh wajah lalu membersihkannya dengan handuk yang sama dengan tubuh. Tahu nggak sih kamu bila hal tersebut justru membuat bakteri dari badan pindah ke wajah. Seharusnya pisahkan pembersih wajah dan badan agar kulit lebih terawat.

10Membersihkan wajah terlalu sering

Sumber: food.ndtv.com

Idealnya bersihkan wajah tiap dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari. Hal tersebut bertujuan agar pH kulit wajah tetap terjaga. Namun bagi kamu pemilik kulit berminyak, tentu membuat gerah dan lengket. Akhirnya kamu pun membersihkannya lebih dari 5 kali. Namun justru hal ini merupakan kesalahan, karena terlalu sering mencuci wajah justru membuatnya iritasi.

Kulit wajah membuatmu lebih percaya diri dalam menghadapi hari-hari. Oleh sebab itu, jangan sampai salah membersihkannya, ya? Aplikasikan selalu ERTO’S Facial Wash agar kulit wajah lebih bersih, sehat dan bercahaya. (ind/flk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here