Sumber: www.kumparan.com

Musik itu universal. Sementara kreativitas itu tanpa batas. Seorang musisi menciptakan berdasarkan apa yang dialami, lingkungan sekitar dan dari manapun yang kemudian dituangkan dalam bait-bait. Nggak hanya menyatukan pikiran dan mood, mereka juga harus memiliki kemampuan bermusik bagus sehingga bisa menyisipkan nada-nada indah pada lagu tersebut.

Berdasarkan kreativitas tanpa batas itulah kadang ada beberapa judul lagu yang sama. Unsur kenggak sengajaan itu menimbulkan perbandingan antara lagu satu dan lainnya. Kalau kamu suka yang versi siapa nih?

12NE1 merilis lag Fire pada 2009 dan sukses menembus tangga lagu Korea. Di lain sisi ada judul lagu yang sama dari BTS dan dirilis pada tahun 2016 dan menjadi MV paling booming dengan penacapaian 1 juta viewers dalam 6 jam.

2Signal milik F(X) merupakan bagian dari album Pink Tape. Sementara Twice juga memiliki lagu dengan judul sama. Penonton nggak ada habisnya membandingan lagu keduanya.

3Paradise milik NCT dirilis pada tahun yang sama dengan terbentuknya formasi anggota. Sementara Infinite sudah lebih dulu merilisnya pada 2011 dan pernah memenangkan award di Inkigayo dan M! Countdown.

4Fly ditulis oleh Jessica dan dirilis pada tahun 2016. Sementara Got7 juga merilis pada tahun yang sama.

5Lagu Fool dari Red Velvet merupakan bagian dari album Russian Roulette. Meskipun nggak masuk dalam chart, namun Winner juga merilis lagu dengan judul yang sama sebagai single comeback sejak Nam Taehyun meninggalkan grup.

 

6Russian Roulette adala mini-abum debut dari SPICA dengan judul track yang sama. Lagu tersebut dirilis pada tahun 2012. Sementara Red Velvet baru merilisnya pada 2016.

7Dangerous adalah single dalam album Hurricane milik BoA yang dirilis pada tahun 2010. Meski berjudul sama, namun milik 2PM nggak sebooming milik diva Korea Selatan tersebut.

8SHINee merilis album Lucifer pada tahun 2010 dengan salah satu single hitnya Hello. Album tersebut terjual 63,000 copy di seluruh dunia. NU’EST juga meraih kesuksesann pada tahun 2013, album mereka berada di peringkat 3 sebagai yang terlaris.

9Hush milik Apink rilis pada tahun 2012 dan masuk peringkat empat dalam Gaon Charts. Sama halnya dengan Miss A yang berhasil berada di posisi dua dan 8 chart bulanan setelah rilis pada 2013.

10F(X) dan BTS sama-sama merilis lagu berjudul sama yakni Butterfly pada tahun 2014. Keduanya sama-sama menjadi favorit.

Meski memiliki kesamaan dalam judul lagu, namun lagu-lagu tersebut punya warna unik masing-masing. Ada lagi nggak judul lagu Korea yang sama, guys? (ind/flk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here