Sumber: www.payungmerah.com

Bukannya semakin berkurang, tingkat kriminalitas dan kejahatan justru semakin bertambah setiap tahunnya. Menurut Institute for Criminal Policy Research, lebih dari 1035 juta orang ditahan di lembaga-lembaga pemasyarakatan seluruh dunia. Baik sebagai tahanan pra persidangan atau telah divonis dan dijatuhi hukuman, mereka tetap tinggal dalam sel.

Dibandingkan dengan tahun 2000, total jumlah tahanan wanita meningkat sekitar 50%. Sementara populasi tahanan laki-laki naik 18% saja. Namun populasi setiap negara berbeda-negara. Misal saja di Amerika Serikat yang memiliki setidaknya 698 narapidana dari 100.000 warga. Sementara Denmark populasinya hanya sekitar 61 saja.

Namun banyaknya narapidana di setiap negara juga diperlakukan secara berbeda-beda. Seperti dihimpun dari Boredpanda, berikut penampakan sel tahanan dari berbagai negera.

1Penjara Aranjurez di Spanyol membiarkan anak dan istri tinggal bersama di sel. Dekorasinya pun begitu lucu layaknya kamar.

2Di Luzira, narapidana diberi tanggung jawab untuk menjaga keharmonisan dari unit-unit mereka tinggali. Mereka juga dibekali pendidikan seputar berkebun, dan belajar.

3Bostoy prison yang terletak di Norwegia terletak di Pulau Bostoy khusus untuk narapidana. Di sini terdiri dari sekitar 80 bangunan yang masing-masing diisi oleh satu tahanan. Mereka difasilitasi lapangan sepakbola, perkebunan, pemandangan indah.

4San Diego Medium-Security Women’s Prison, Cartagena, Colombia dilengkapi dengan cafe-cafe. Para narapidana diberi program pelatihan untuk menjadi juru masak dan pelayan.

5Halden Prison di Norwegia dibangun pada tahun 2010 yang fokus pada rehabilitasi. Desain kamarnya pun bergaya shabby yang menggemaskan. Mereka diberi pendidikan seputar olahraga dan mjusik.

6Omonichi Prison merupakan penjara tertua di Jepang. Di sini, para narapidana dibekali keterampilan seputar menjahit dan menyulam.

7Populasi kriminal di Belanda sangatlah sedikit, Norgerhaven prison dilengkapi dengan tempat tidur, furnitur menarik, kulkas, televisi dan kamar mandi dalam.

8Penjara Landsberg di Jerman dulunya dijuluki Mein Kamof dan dihuni oleh 278 Nazi. Pada perkembangannya, kini tahanan di sana diberi keterampilan melukis, menjahit, kerajinan kayu, membuat sepatu, elektronik, membuat roti, dan lain sebagainya.

9Sel penjara ini memiliki lebar 12 kaki dengan tinggi 15 kaki. Sementara di dalamnya diisi oleh sekitar 30 orang. Mereka berdesakan, dan menggantung pakaian-pakaian di sel-sel besi sehingga terlihat begitu kumuh.

10CPDRC merupakan sebuah penjara besar yang memiliki kegiatan rutin menari. Pusat rehabilitasi ini banyak diliput dan didokumentasikan, kemudian dirilis online.

11Penjara Maula begitu ramai. Pada tahun 2015 dihuni oleh sekitar 200 tahanan. Sementara per sel diisi oleh 60 orang yang kebanyakan adalah imigran Etiophia.

Beberapa penjara mewah seperti di atas udah mirip banget sama apartemen ya , guys. Terus kalau bentuk sel di Indonesia gimana? Kamu boleh share di kolom komentar kok. (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here