Sumber: wartakota.tribunnews.com

Kemajuan teknologi memberikan banyak kemudahan pada penggunanya. Selain aktivitas kantor jadi lebih mudah, belanja juga bisa dalam satu sentuhan layar smartphone. Aplikasi-aplikasi belanja online kini semakin berkembang dan beragam jenisnya.

Kamu bisa mencari aneka kebutuhan sehari-hari, mulai dari makanan, pakaian, kecantikan, tas, hingga peralatan olahraga dalam satu aplikasi aja. Menariknya lagi, pembeli juga bisa sekaligus jadi penjual lho. Nggak perlu ribet soal biaya sewa toko, karena berjualan di marketplace online gratis tanpa biaya.

Nah, sebagai referensi, nih 10 aplikasi belanja dan jualan online buatan anak bangsa yang perlu kamu tahu!

1Blibli.com

Sumber: www.duniaku.net

Blibli.com dibawah naungan PT Global Digital Niaga yang  terkenal dengan slogannya Anytime, Anywhere, Shopping. Di sini, pembeli bisa menemukan beragam produk dari banyaknya toko online yang sudah disediakan. Mengusung konsep mall online, pastikan untuk selalu belanja di sini, ya.

2Bukalapak.com

Sumber: mustangtopia.com

Mengusung slogan Belanja Mudah dan Terpercaya, Bukalapak.com menyediakan beragam fasilitas untuk para pelapak. Mulai dari feedback otomatis, proses SEO, sampai transaksi mudah dengan pembeli. Nggak kalah lengkap, di sini kamu bisa  menemukan barang kebutuhan sehari-hari, mulai dari fashion, perlengkapan bayi, produk digital, kecantikan, herbal dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, dengan konsep bisnis C2C (Customer to Customer), marketplace online ini menguntungkan banget buat pembeli dan penjual. Saking populernya, sampai ada forum Bukalapak, lho!

3Elevenia.co.id

Sumber: online-saja.blogspot.com

Terhitung sejak didirikan, sudah lebih dari satu juta orang pengguna bergabung dengan Elevania.co id. Marketplace online ini memberikan jaminan keamanan dan kemudahan, sehingga pembeli nggak perlu khawatir dengan penipuan. Ada delapan kategori yang disediakan, yakni babies & kids, sports & hobby, mokado & service, gadget & komputer, beauty & health, fashion, home & garden, dan elektronik.

4Tokopedia.com

Sumber: jofistalker.blogspot.com

Sama halnya dengan Bukalapak.com, Tokopedia.com merupakan market virtual terbesar di Indonesia. Pengguna bisa mmebuka toko secara gratis sekaligus berbelanja online. Sejak didirkan pada tahun 2009 lalu, toko online ini mengusung visi Membangun Indonesia yang lebih baik lewat internet. Nggak perlu bingung soal keamanan, sebab transaksi dilakukan melalui Tokopedia.

5Mataharimall.com

Sumber: nurannisaa7.wordpress.com

Namanya begitu familiar, sebab Mataharimall.com sebenarnya merupakan versi online dari Matahari Department Store. Sejak didirikan pada tahun 2015 lalu, toko online ini memiliki beragam pilihan barang bermerk dengan harga yang lebih miring. Nggak ayal jika penggunanya semakin bertambah dari tahun ke tahun.

6Bhinneka.com

Sumber: 2010037-if-unsika.blogspot.com

Nah, kalau kamu mencari beragam barang elektronik, maka Bhinneka.com adalah tempat terbaik. Toko online ini merupakan yang pertama kali menyediakan aneka electronic stuff dan berkembang hingga saat ini.

Dengan tagline Indonesia #1 webstore, toko online elektronik ini didirikan pada tahun 1993 dan hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Menarik, kan?

7Blanja.com

Sumber: rumahreview.com

Blanja.com berada di bawah naungan PT Metra Plasa yang mana hasil kerja sama antara Telkom Indonesia dan eBay. Di sini kamu bisa menemukan ragam produk fashion, gadgetery, komputer, dan lain sebagainya. Sistem pembayarannya pun hasil kerja sama dengan sejumlah bank, mulai dari Mandiri, BNI, BCA , Niaga, ANZ, Mega, BII, dan lain sebagainya.

8FJB.kaskus.co.id

Sumber: tipsjualonline.com

Sebelum terkenal sebagai forum diskusi online, dahulunya Kaskus dikenal sebagai situs jual beli online melalui FJB. Jika dulu banyak penipuan, namun kini sudah diantisipasi dengan proteksi keamanan ekstra.. Dengan fitur Kaspay, pembeli bisa melakukan pembayaran online dengan mudah.

9OLX.co.id

Sumber: sp.beritasatu.com

Sebelum berganti nama OLX, pusat jual beli online ini diberi nama Tokobagus.com. Sebagai yang terbesar di Indonesia, ragam barang baru dan bekas bisa ditemukan di sini mulai dari fashion, otomotif, handphone sampai komputer.

Tahu nggak sih kamu, situs jual beli online ini yang pertama kali mempopulerkan istilah COD (Cash on Delivery) untuk meningkatkan keamanan dalam bertransaksi. Melalui penggabungan situs Berniaga.com dan Tokobagus, kini OLX berkembang menjadi salah satu situs paling populer.

10Jualo.com

Sumber: kompasiana.com

Mengusung konsep C2C (Customer to Customer), Jualo.com menyediakan beragam barang mulai baru hingga bekas. Di situs ini pembeli juga bisa melakukan tawar menawar dan tukar menukar barang lho. Sementara sistem pembayarannya dilakukan melalui rekber atau rekening bersama sehingga lebih mudah.

Kini belanja lebih mudah dengan memanfatakan marketplace buatan anak bangsa! (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here