Sumber: seoulbeats.com

Drama bertema historical paling mencuri perhatian penonton. Menggabungkan antara cerita sejarah, percintaan, kekuasaan, perebutan tahta hingga persaudaraan bikin hati rasanya naik turun. Nggak hanya itu, penonton juga disuguhkan dengan pemandangan ala Korea zaman dahulu yang masih asri, hijau dan sejuk.

Salah satu periode yang kerap dijadikan sebagai latar waktu dari drakor yakni three kingdoms. Yang mana masa itu terjadi pada 57 SM hingga tahun 668. Saat itu daratan Korea masih dibagi menjadi tiga bagian, yakni Goguryeo, Baekje dan Silla. Masing-masing wilayah memiliki identitas budaya yang berbeda-bed, sehingga menarik banget untuk dibuat latar drama.

1Jumong

Sumber: dorama.lover.com

Jumong memiliki latar zaman Goguryo yang merupakan daerah paling utara Three Kingdoms dan paling luas. Wilayahnya juga termasuk Manchuria, Cina. Penemunya yakni Raja Jumong yang menurut kisah mitos adalah cucu dari Dewa Air, Habaek.

Drama yang diproduksi pada tahun 2006 terdiri dari 81 episode, yang mana selalu memperoleh rating tertinggi pada setiap episodenya. Sama seperti judulnya, serial ini mengisahkan tentang kehidupan sang raja, Jumong yang kuat.

2Gye Baek

Sumber: koreanhistoricaldramas.com

Wilayah Baekje ditemukan oleh salah satu putra Jumong. Kerajaan ini berlokasi di sebelah selatan Korea dan makin meluas hingga ke daerah garis pantai. Oleh sebab itu, Baekje disebut-sebut sebagai daerah yang memiliki pertahanan laut kuat sebab bisa menaklukkan Cina serta Jepang.

Berlatarkan abad ke-7, Gye Baek berkisah tentang perjuangan mempertahankan wilayah dari Kerajaan Silla. Dengan mengkombinasikan adegan-adegan perang, drama ini pas banget buat kamu yang ingin tahu banyak tentang sejarah Korea.

3Hwarang

Sumber: sg.style.yahoo.com

Silla merupakan daerah di selatan Korea. Wilayah ini memiliki kehidupan masyarakat dan budaya yang begitu unik sehingga cocok banget dibuat latar waktu drama. Berdasarkan catatan sejarah, daerah ini memiliki strata sosial yang kuat sehingga orang-orang yang memiliki darah bangsawan lebih berkuasa.

Hwarang merupakan salah satu drama yang memiliki latar Kerajaan Silla. Berkisah tentang sarjana-sarajanan pria yang menuntut ilmu seni dan agama. Mereka juga berlatih bela diri, sehingga menjadikan serial ini makin menarik. Gambaran tantang Silla begitu nyata, baik dari budaya, dan struktur kehidupan masyarakat.

4The Great Queen Seon Deok

Sumber: www.drakor.id

Sistem keturunan dari Silla juga membuat darah kerajaan harus menaati peraturan-peraturan tertentu. Berdasarkan sejarah, keturunan laki-lakilah yang lebih berhak untuk meneruskan tahta. Sementara itu, Ratu Seon Deok merupakan wanita pertama yang berani mematahkan peraturan tersebut dan mendapatkan haknya.

Dengan alur cerita yang penuh kejutan pada setiap episode, karakter terus berkembang dan cast berbakat menjadikan drama yang diproduksi tahun 2009 meraih kesuksesan di seluruh Asia. Kamu termasuk yang ngikutin di salah satu televisi swasta nggak, nih?

Keren banget kan drama Korea berlatarkan Kerajaan Goguryo, Baekje dan Silla. Meski beberapa dari mereka memiliki episode yang panjang, tapi nggak ada salahnya untuk diikuti satu kali lagi. (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here