Sumber: www.allkpop.com

Sebelum terbentuk Republik Korea Selatan dan Utara seperti saat ini, Negeri Gingseng telah melalui perebutan kekuasaan dan kisah yang panjang. Usai terbagi menjadi tiga bagian, Goguryo, Baekje dan Silla, tepatnya pada abad ke-7 Silla berhasil mengalahkan dua kerajaan lainnya. Akhirnya lahirlah Later Silla atau Unified Silla. Periode kerajaan Utara-Selatan ini banyak dipengaruhi oleh Dinasti Tang dari Tiongkok.

Nggak berlangsung lama, Unified Silla berhasil diruntuhkan dan muncullah periode baru yakni Goryeo (918-1392). Pada masa ini, strata sosial begitu ketara. Sementara kaum aristokrasi paling banyak berperan dalam sistem pemerintahan dan negara. Nggak hanya itu, para masyarakat masih menggunakan huruf Cina klasik untuk menulis dan membaca.

Memiliki kisah dan latar yang kompleks, nggak ayal jika periode Unified Silla ke Goryeo banyak dijadikan sebagai latar drama Korea. Serial apa saja sih yang terinspirasi dari masa ini?

1Dae Jo Young

Sumber: koreanhistoricaldramas.com

Dae Jo Young berkisah tentang kehidupan raja pendiri Balhae serta para pahlawan di baliknya. Drama ini menyuguhkan cerita yang kompleks mulai dari tentang geografi, hingga aliansi politik. Penonton juga bakal dibawa pada pertempuran-pertempuran epik hingga aktor-aktor yang mampu menghidupkan karakter.

2Scarlet Heart: Goryeo

Sumber: ultimagz.com

Siapa sih yang nggak tahu dengan drama ini? Diproduksi pada 2017 lalu, Scarlet Heart: Goryeo berada di puncak popularitas. Dengan menggabungkan kisah historical dan fantasi, jadilah penonton dibuat tegang dan penasaran dengan endingnya.

Berkisah tentang perempuan modern yang secara nggak sengaja terseret ke periode Goryeo. Jiwanya masuk ke tubuh seornag sepupu istri pangeran keempat di masa itu. Di sana ia memulai kehidupan barunya dengan dikelilingi oleh delapan pangeran yang saling memperebutkan kekuasaan.

Sementara itu ada satu pangeran bernama Wang So yang benar-benar mencintai perempuan tersebut. Nantinya, pangeran kedelapan ini bakal menjadi Raja Gwangjong. Dibalut dengan kisah percintaan rumit, drama ini juga penuh dengan tipu muslihat, intrik, persaingan, dan pertarungan sengit antar saudara.

3Empress Ki

Sumber: www.dramaforgents.com

Goryeo diminta untuk mengirimkan upeti ke Kekaisaran Mongol, termasuk para perempuan muda yang secara paksa dikirimkan ke Dinasti Yuan di Tiongkok. Namun salah satu wanita dari kelas bawah mulai bangkit dan merebut kekuasaan untuk melawan kesemena-menaan itu. Empress Ki menyuguhkan sisi lain dari Kerajaan Goryeo yang nggak diketahui oleh banyak orang.

4Six Flying Dragons

Sumber: blog-sinopsiskdramaku.blogspot.com

Six Flying Dragons penuh dengan aksi, ideologi dan karakter kompleks yang membawa penonton pada kehidupan nyata zaman Goryeo. Drama ini mengambil latar waktu akhir masa kerajaan Goryeo dibawah pemerintahan Raja Taejo ketika Joseon akan mengambil kekuasaan.

Seru banget dong ngikutin kisah sejarah Korea lewat drama? Ada lagi nggak nih drakor bertemakan masa Goryeo? (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here