Sumber: www.taste.com.au

Bulan Ramadhan identik dengan kurma. Buah berwarna coklat itu memiliki rasa manis dan cocok disantap saat berbuka puasa. Bahkan nih, Rasulullah pun menganjurkan mengkonsumsinya karena mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan selama menjalankan ibadah puasa.

Menariknya, meski memiliki rasa manis sekali, namun kurma tidak mengandung kadar gula terlalu tinggi. Jadilah banyak resep masakan yang menggunakan buah ini sebagai bahan utamanya. Dengan memanfaatkan rasa manis serta lembut dagingnya, coba deh cicipi 4 kreasi dengan kurma berikut ini untuk buka puasa spesialmu.

1Pizza ubi manis dan kurma

Sumber: hock.id

Jika biasanya pizza dibuat dari tepung dengan toping daging, jagung, keju mozarella, hingga nanas. Maka lain halnya dengan kudapan satu ini. Pizza terbuat dari ubi manis, minyak zaitun, feta, kurma, cabai hijau yang dihilangkan bijinya, garam, serta lada hitam.

Sedangkan topingnya dibuat dengan campuran minyak zaitun, bawang putih, passata, garam, gula dan lada hitam. Rasakan sensasi pedas manis di lidah hingga membuatmu ketagihan!

2Date granola

Sumber: theconscientiouseater.com

Makanan lezat ini seharusnya untuk sarapan. Namun di bulan puasa ini alangkah lebih disantap saat berbuka. Mudah saja, campurkan mentega tawar, sirup maple, ekstrak vanilli, sedikit garam, kacang macadamia, gandum, dan kurma. Jangan lupa oven selama beberapa menit untuk hasil yang sempurna, guys.

3Smoothie kurma

Sumber: youtube.com

Seharian berpuasa, paling enak menyegarkan tenggorokan dengan smoothie kurma. Kamu bisa mencampurkan biji chia, almond, kurna, pisang, minyak kelapa, dan air. Haluskan dengan blender, dan sajikan untuk menu berbuka yang manis dan penuh vitamin.

4Wortel panggang dan kurma

Sumber: youtube.com

Jika biasa wortel dimakan dengan nasi, tapi kini kamu bisa menginovasinya menjadi kue lezat. Dengan wortel yang sudah dipotong 5 cm, minyak zaitun, lada hitam, garam, kayu manis, cabai, jus jahe dan kurma. Setelah semua dicampurkan, oven selama 20 hingga 27 menit untuk hasil terbaik.

Resep mana dulu yang akan kamu coba untuk berbuka puasa? (ind/flk)

Source: The Guardian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here