japanesestation.com

Setiap orang memiliki kegemaran yang berbeda. Terutama pada bidang hiburan, beberapa orang mencintai film-film Hollywood, beberapa lagi suka Bollywood, yang lainnya suka K-pop, tapi yang lainnya lagi suka anime.

Menyukai anime adalah salah satu hobi yang menyenangkan. Sebab, kamu bisa selalu menikmati hiburan baru mengingat setiap musim selalu ada anime baru yang tayang. Kadang kamu sampai bingung, season baru nanti ingin nonton judul yang mana. Kecintaan pada anime juga membuatmu mengerti mengenai dunia-dunia semacam cosplay, membuat doujin, kemudian bertemu dengan komunitas dengan hobi yang sama. Biasanya, kamu juga jadi suka menggambar anime, atau malah menciptakan karakter sendiri yang nantinya bisa kamu gunakan untuk membuat manga sendiri.

Mungkin orang yang melihatmu menganggap bahwa kecintaanmu terhadap anime tidak menghasilkan apa-apa, dan hanya buang-buang waktu. Namun, kalau kamu kreatif, kamu bisa loh membuat hobimu itu menjadi pundi-pundi uang. Gimana caranya? Coba beberapa hal berikut ini.

1Bikin Baju Cosplay Buat Dijual

etsystatic.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Ketika kamu mencintai anime, biasanya kamu juga jadi punya komunitas sesama pecinta anime. Semakin banyak teman sehobi, semakin besar peluang kamu untuk menjual produkmu pada mereka. Terutama para cosplayer.

Apabila punya modal bisa menjahit, coba deh buat baju-baju cosplay, yang sederhana dulu saja. Tawarkan kepada teman-temanmu tadi. Atau, kalau kamu sendiri pernah cosplay dan baju cosplay tadi sudah tidak kamu sukai, dijual saja. Namun, tetap harganya memang mungkin sedikit miring, karena memang barang second. Daripada disimpan dan membusuk di lemari, kalau dijual bisa jadi uang, kan?

2Bikin Persewaan Manga atau DVD Anime

narvii.com

Kalau kamu punya koleksi manga seabrek dan juga DVD anime yang menumpuk, lalu kamu bingung mau diapakan. Buka saja jasa penyewaan. Siapa tahu beberapa penggemar anime yang ingin nonton anime-anime lama, mau menyewa jasamu. Tawarkan saja pada banyak komunitas, supaya peluangmu semakin besar. Kamu juga bisa menjual manga atau DVD anime kalau memang tidak membutuhkannya lagi. Lumayan, bisa jadi uang lagi, kan?

3Menjual Gambar ke Sesama Pecinta Anime

www.animetheor.ist

Ini nih bisnis paling menguntungkan yang bisa kamu kerjakan dalam waktu yang lama, yaitu menjual gambar animemu. Biasanya, para pecinta anime jadi suka menggambar manga. Kalau punya bakat, kembangkan saja terus. Jika gambarmu bagus, kamu bisa menjual jasa menggambar. Kamu bahkan bisa membuat komikmu sendiri. Coba-coba saja terbitkan di beberapa platform yang memang mendukung penjualan komik atau gambar anime.

4Jual Pernak Pernik Anime

goodsmile.info

Kamu juga bisa menjual pernak-pernik anime, seperti gantungan kunci, kipas, poster dan semua benda berbau anime. Memang awalnya butuh modal, namanya juga berdagang. Namun, kalau kamu tekun dan mau menawarkannya ke para pecinta anime lain, kemungkinan bisa laku terjual. Jangan lupa juga datangi event di kotamu, jual barang secara on the spot dan kenalkan tokomu supaya banyak langganan.

5Jadi Fotografer Cosplayer

cloudfront.net

Cosplayer, tidak hanya butuh kostum dan make up yang cantik supaya bisa populer. Mereka juga butuh jasa fotografer yang andal untuk mempromosikan diri mereka ke khalayak. Oleh sebab itu, kalau kamu seorang fotografer dan suka dengan anime-anime, coba deh datangi event-event. Tawarkan jasamu kepada para cosplayer. Kalau fotomu bagus, pasti nanti dipanggil lagi kalau ada event. Lumayan kan, sambil menikmati event berbau anime, sekalian cari duit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here