www.idntimes.com

Memiliki sahabat sejati tentu sangat menyenangkan dan paling di damba-dambakan oleh setiap orang. Gak gampang untuk mencari sahabat yang memiliki sifat dan pemikiran yang sama, untuk itu mencari sahabat yang benar-benar mengerti tentang kita itu memang cukup sulit.

Namun saking bertambahnya usia, makin kompleks pula masalah yang akan di hadapi. bahkan untuk sepasang sahabatpun pasti akan mengalami masalah ini. Terkadang kita justru salah kaprah dan memilih teman yang salah.

Untuk itu kamu harus tau apakah kamu salah pilih teman atau tidak. 5 ciri-ciri ini akan buktikan bahwa persahabatanmu saat ini sedang dalam keadaan yang kurang baik. Perbaiki atau ahiri, keputusan ada di tanganmu.

1Persahabatan mempengaruhi prestasimu

zemlanin.info

Sahabat sejati itu gak mungkin merugikan. Terkadang kita malah melupakan poin yang satu ini. Terkadang kamu malah akan sulit untuk menolak ajakan dari sahabatmu dan tak sengaja malah menurunkan prestasi dan nilai karena hal itu. Persahabatan sejati tak akan mencampur adukan hal itu dan selalu mendukung ke arah yang positif.

2Persahabatan menjerumuskan kepada hal-hal yang kurang baik

www.kompasiana.com

Kalian sering melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Kalian hanya jalan hanya sekedar untuk memenuhi hasrat dan nafsu semata. Seorang sahabat sejati tak akan menjerumuskanmu, dia seharusnya mensuport dan mengarahkan kepada hal-hal yang positif.

3Kamu membuat sahabatmu menjadi orang yang egois

www.idntimes.com

Kamu paling sering mengesampingkan kebahagianmu demi teman, hal ini sangat sering terjadi. Kamu bahkan tak pernah memikirkan kebahagiaanmu dan selalu memenuhi keinginannya. Kalau kamu tidak pernah memikirkan dirimu sendiri, dan justru menjadikan sahabatmu egois, kamu hanya akan membuat dirimu terluka di atas kebahagiaan ‘maya’ sahabatmu dan ini bukanlah persahabatan sejati.

4Persahabatan menghambat mimpimu

youtube.com

Sahabat selalu menyibukanmu untuk main, bahkan kamu juga tak memperhatikan mimpimu sendiri. Itu merupakan persahabatan yang tak memiliki manfaat alias beracun. Bukannya mendukung, sahabatmu malah membuatmu menjadi apatis dan tak memikirkan mimpimu sendiri.

5Persahabatan membuatmu menjadi orang lain

www.hipwee.com

Kamu seperti sedang bermain drama ketika sedang berkumpul bareng sahabat. Kamu sama sekali tidak menunjukan kepribadianmu yang sebenarnya di hadapan sahabatmu, dan sangat jelah bahwa ini bukanlah persahabatan sejati yang memiliki kepercayaan satu sama lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here