Sumber : surabayaonline.co

Banyak hal unik dan menarik yang ada di Indonesia, salah satunya adalah berbagai Desa yang bisa dibilang unik dan menarik. Perilaku yang tidak biasa sampai dengan adanya semacam ‘kutukan’ yang melanda desa tersebut menjadikannya menjadi pusat perhatian dan disorot oleh media massa. Dilansir dari panduanmenarik.blogspot.com, berikut ini adalah beberapa desa yang unik di Indonesia.

1Desa Kasuran

Sumber : www.cendananews.com

Sebuah desa yang terletak di Margodadi, kecamatan Sayegan, kabupaten Sleman menjadi desa unik yang pertama. Jika kita biasanya tidur di atas ranjang yang empuk dengan busa atau kasur, maka penduduk di desa ini tidak melakukannya. Mereka hanya tidur di atas ranjang namun beralaskan tikar saja. Hal ini dilakukan turun temurun, dan mulanya konon merupakan perintah Sunan Kalijaga yang mewasiatkan agar tidak boleh tidur di atas kasur.

2Desa ‘Keterbelakangan Mental’

Sumber : surabayaonline.co

Bukan bermaksud untuk merendahkan desa ini, tapi hal ini karena penulis kesulitan untuk mencari kata penggantinya. Sebuah desa di Pandak, Patihan, dan Siharjo di Kabupaten Ponorogo memiliki banyak sekali penduduk yang memiliki keterbelakangan mental, bahkan mencapai 440-an orang. Konon hal ini bermula pada tahun 1970-an dimana di desa ini terjadi musibah kemiskinan dan kelaparan. Hal ini mengakibatkan masyarakat kekurangan gizi berat dan terjadi ‘kebodohan’ massal.

3Desa ‘Manusia Pemakan Tanah’

Sumber : gudangfeatures.wordpress.com

Jika kita memakan roti atau makanan ringan untuk camilan, maka tidak halnya denganpenduduk di sebuah desa di Tuban. Mereka memakan tanah dalam arti yang sebenarnya untuk camilan sehari-hari. Tanah dibuat sedemikian rupa dan diolah menjadi gulungan seperti molen mini. Mereka percaya dengan memakan tanah bisa menjadi obat herbal yang berefek menyahatkan.

4Desa ‘Gigolo’

Sumber : thevoicebw.com

Sebuah desa di daerah Boyolali bernama desa Cabean mempunyai istilah yang tenar di desa itu. ‘Kucing’ di desa itu bukanhanya bermakna binatang, namun juga sebutan untuk ptofesi gigolo. Para pemuda di desa tersebut banyak yang menjajakan dirinya pada tante-tante yang haus kasih sayang. Di siang hari mereka bekerja seperti biasa sebagai pedagang, namun di malam hari mereka berubah menjadi ‘kucing’ yang siap melayani para pelanggannya.

5Desa ‘Kepiting’

Sumber : tribunnews.com

Apa yang terjadi pada penduduk desa ini bisa dibilang mengerikan sekaligus mengharukan. Kecacatan massal terjadi pada penduduk desa sehingga jari-jari mereka menyerupai jari kepiting. Desa ini bernama dusun Ulutaue di desa Mario, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone. Meskipun jari tangan dan kaki mereka cacat, namun para penduduk sudah menganggap hal ini biasa dan tidak malu dengan keadaan itu.

Itulah beberapa desa unik dan menarik yang ada di Indonesia. Untuk desa yang mengalami musibah seperti desa kepiting, semoga sudah ada intervensi dari pemerintah untuk menanggulanginya. Semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here