Sumber: www.jpnn.com

Pulau cantik Gili Lawa yang menjadi incaran turi domestik dan mancanegara kini hangus total. Kawasan yang masih dalam lingkup Taman Nasional Komodo itu dilalap si jago merah pada Rabu (1/8/2018) malam hari. Api sendiri baru mulai padam total pada pukul 3 dini hari.

Lantas adakah tersangka dari peristiwa ini dan bagaimana upaya pemerintah untuk memulihkan kembali? Simak faktanya berikut ini!

1Penyebab kebakaran

Sumber: www.wowkeren.com

Saat kebakaran terjadi, petugas yang datang ke tempat kejadian mengamankan pengunjung yang diduga sebagai rombongan terakhir. Lebih dari 8 orang diinterogasi dan dimintai keterangan terkait peristiwa itu.

Beberapa saksi juga dipanggil untuk mencari pelaku dari insiden kebakaran. Namun petugas belum menyimpulkan penyebab dari kebakaran yang terjadi di Gili Lawa.

2Terjadi kendala pada pemadaman

Sumber: travelingyuk.com

Mengetahui terjadi kebakaran di area wisata, petugas yang dibantu warga segera berupaya memadamkan api. Mereka memulainya sejak pukul 19.00 WITA. Namun semua itu mengalami kendala yang cukup berat yakni angin kencang. Sehingga api pun semakin meluas hingga ke seluruh pulau.

Nggak hanya itu, gelombang tinggi juga menjadi kendala. Sebanyak 18 orang dari TNK datang untuk memadamkan api. Pada pukul 23.00 petugas sampai di lokasi dan api dinyatakan benar-benar padam pada pukul 3 dini hari waktu setempat.

3Kondisi Gili Lawa kini

Sumber: ww.tribunnews.com

Awalnya api terjadi di daerah puncak. Namun karena angin yang cukup kencang dan daerah kering yang mudah terbakar, jadilah si jago merah cepat merambat ke bawah hingga bibir pantai. Menurut laporan, hampir 100 persen savana mengalami kerusakan parah akibat api yang menyebar luas.

Di samping itu, akibat kebarakan rusa yanga da di Gili Lawa ditemukan tewas. Hewan tersebut bisa mendetesi gangguan atau bencana.

4Pemulihan Gili Lawa

Sumber: www.nasional.tempo.co

Pengelolan Taman Nasional Komodo mengungkapkan bila rencananya area Gili Lawa akan dilakukan proses pemulihan secara alamiah. Rumput yang terbakar dan vegetasi alam bakal kembali normal bila ada curah hujan yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, suksesi akan dilakukan secara alami.

5Tersangka peristiwa Gili Lawa

Sumber: today.line.me

Hingga kini masih dalam tahap pemeriksaan saksi-saksi. Para wisatawan asing dan domestik yang diketahui berada di lokasi kejadian diselidiki dan dimintai keterangan. Sehingga masih nggak ada penetapan tersangka.

Semoga pelaku dari kebakaran di Gili Lawa ini bisa cepat ditindak tegas ya, guys. Biar nggak ada lagi perusak alam di negeri ini. (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here