Sumber: www.bolanusantara.com

Timnas U-16 menorehkan prestasi pada piala AFF yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Sabtu (11/8/2018). Pasalnya, tim remaja ini belum pernah menjadi juara sejak laga digelar pada 2002 silam. Dalam kurun waktu yang cukup lama tersebut, banyak hal yang mereka lewat mulai dari gagal menyelenggarakan sampai nggak bisa menembus gawang lawan selama bertahun-tahun.

Nah, sekarang sudah saatnya timnas bangkit. U-16 mampu menebus kekalahannya selama ini dengan prestasi yang membanggakan. Lantas fakta apa saja yang menjadi kemenangan timnas U-16?

1Bertanding 13 kali

Sumber: bola.okezone.com

Pada tahun 2002, Myanmar merupakan negara pertama yang berhasil membawa pulang trofi Piala AFF. Selama 15 edisi, Indonesia hanya bertanding sebanyak 13 kali. Sebab pada turnamen 2009 dan 2014 mereka gagal ikut serta. Sementara pada tahun 2014, Indonesia gagal jadi tuan rumah pada gelaran ke-11 karena minimnya peserta.

2Nggak pernah dapat trofi

Sumber: www.bola.net

Indonesia emang rajin banget ngikutin pertandingan Piala AFF U-16. Namun sebelumnya mereka sama sekali nggak mendapatkan trofi. Prestasi terbaik yakni pada tahun 2013 karena berhasil masuk hingga final.

3Nggak ikut di beberapa tahun

Sumber: www.bola.net

Sebelumnya Indonesia pernah absen dalam beberapa pertandingan. Timnas nggak turut berpatisipasi pada tahun 2006, 2012, 2015 dan 2016. Pada dua tahun tersebut, mereka nggak ikut karena masih dalam pembekuan pemerintah.

4Paling banyak jadi tuan rumah

Sumber: www.kumparan.com

Tercatat bila Indonesia adalah negara yang paling sering menjadi tuan rumah. Kendati demikian bukan berarti tim Garuda pernah menyabet gelar juara. Sepanjang keiikut sertaannya, mereka sama sekali belum pernah dapat trofi.

5Thailand dan Vietnam jadi juara bertahan

Sumber: www.netralnews.com

Selama pertandingan Piala AFF U-16, Thailand dan Vietnam yang paling mendominasi laga. Keduanya sama-sama tiga kali mendapatkan trofi. Sementara di bawah mereka ada Myanmar, Australia, Jepang dan Malaysia.

Sudah saatnya tim Garuda bangkit dari tidur lamanya. Masyarakat Indonesia kini boleh berbangga dengan pencapaian timnas U-16. (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here