Sumber: apod.nasa.gov

Guys, pernah tidak kamu berpikir bila bumi ini luas? Itu semua tidak ada apa-apanya bila dibanding dengan alam semesta. Planet yang kita tinggali ini memiliki ukuran yang kecil bila dibandingkan dengan lainnya, seperti Merkurius, Venus, hingga Jupiter. Namun kesemuanya juga berupa titik bila dibandingkan dengan matahari. Gugusan-gugusan ini membentuk sebuah galaksi yang dikenal dengan Milky Way atau Bimasakti.

Nah, jika kamu berpikir galaksi kita ini besar, sebenarnya tidak apa-apanya lho dengan galaksi lainnya di luar angkasa. Sementara untuk menuju ke sana, butuh jutaan tahun cahaya.

1Galaksi El Gordo

Sumber: en.wikipedia.org

El Gordo diklaim sebagai galaksi terbesar di jagat raya. Pertama kali ditemukan oleh sekelompok ilmuwan di Chili. Mereka mengatakan bahwa butuh tujuh milyar tahun cahaya atau sama dengan dua juta milyar massa matahari.

Galaksi yang berarti si gemuk ini memiliki struktur paling stabil dan terus tumbuh sehingga semakin besar dan luas. Hal ini dikarenakan El Gordo merupakan penggabungan dari gugusan lain sehingga terus berkembang.

2Galaksi IC1101

Sumber: futurism.com

IC1101 juga disebut sebagai galaksi terbesar di jagat raya. Saking luasnya, jarak antara ujung ke ujung mencapai 5,5 juta tahun cahaya. Bentuknya diperkirakan bundar agak lonjong.

Jika kamu ingin berkunjung ke galaksi ini harus menempuh jarak 1 milyar tahun cahaya dari Bumi. Bahkan saking luasnya, diperkirakan juga memiliki 100 triliun bintang.

3Galaksi Phoenix

Sumber: en.wikipedia.org

Galaksi Phoenix resmi dimumkan pada 15 Agustus 2012 dan ditemukan oleh para peneliti Amerika. Ia disebut-sebut sebagai galaksi yang paling luas di jagat raya karena bentuknya yang tersebar. Perkiraan besarnya hingga mencapai 5,7 juta tahun cahaya.

Hingga kini, Phoenix merupakan galaksi yang aktif dan memiliki rekor-rekor kosmik baru yang bersifat penting. Ilmuwan juga mengklaim jika galaksi lainnya bisa saja mati, sementara si burung dari mitologi Yunani ini justru terus hidup melalui pembentukan bintang.

4Galaksi NGC 6872

Sumber: asterisk.apod.com

NGC 6872 ditemukan secara tidak sengaja oleh para astronom. Awalnya mereka hanya melakukan penelitian dari Satelit Galaxy Evolution, namun tiba-tiba saja dikejutkan dengan sinar ultraviolet yang berasal dari gugusan bintang baru.

Diperkirakan galaksi ini memiliki ukuran lima kali Bima Sakti dan jaraknya sekitar 212 juta tahun cahaya dari bumi. Sementara letaknya berada di gugusan perbintangan Pavo.

5Galaksi Andromeda

Sumber: newscientist.nl

Selain Bima Sakti, Andromeda merupakan galaksi yang cukup populer. Bila dihitung dari bumi, jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Sementara masasanya 300 hingga 400 biliun kali matahari. Jaraknya yang cukup dekat dengan planet kita, membuatnya seringkali terlihat oleh mata telanjang.

Dari bumi Andromeda tampak diselimuti oleh kabut dan mirip dengan bulan. Sementara letaknya sekitar 41 derajat di sebelah garis khatulistiwa.

Saking luasnya jagat raya ini, sampai-sampai tak terhitung berapa jumlah galaksi yang ada. Sementara galaksi-galaksi di langit yang sama dengan Bima Sakit sebenarnya berkelompok dan berukuran kecil di alam semesta. Nggak kebayang ya seberapa besarnya. (ind/flk)

Source: ilmugeografi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here