Sumber : cnnindonesia.com

Pulau Dewata Bali memang dikenal sebagai surganya pantai di indonesia. Hamparan pantai dan pasir yang sangat eksotis menjadi daya pikat baik untuk turis lokal maupun mancanegara. Namun, Bali juga membuat kapok para turis baik lokal maupun mancanegara ketika berkunjung ke sana. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membuat wisatawan kapok berlibur ke Bali.

1Tempat penukaran uang yang curang

Saat tiba di Bali seringkali para turis menukarkan uangnya untuk mendapatkan mata uang rupiah sebagai alat tukar. Sayangnya, banyak diantara money changer yang tidak jujur. Seperti yang ada dalam video ini. Tentu hal ini akan membuat turis mancanegara tidak nyaman saat berlibur ke Bali.

2Pedagang yang memaksa

Sumber : sewamotordikuta.com

Pada saat menjajakan barang dagangannya banyak di antara para pedagang di Bali terkesan memaksa. Ada para penjual jasa pijat yang memaksa agar turis mau dipijat saat di pantai. Ada pula yang marah saat wisatawan hanya melihat-lihat di toko souvenir tanpa membeli barangnya. Hal ini tentu akan membuat wisatawan enggan berkunjung kembali karena meninggalkan kenangan yang kurang menyenangkan.

3Memeras wisatawan

Sumber : republika.co.id

Seringkali juga wisatawan mancanegara diperas secara tidak langsung. Salah satunya dilakukan dengan modus tidak ada uang kembalian. Selain itu juga dengan memaksa agar turis menggunakan jasa tour guide lokal.

4Sampah Yang Berserakan di Pantai

Sumber : cnnindonesia.com

Meskipun memiliki keindahan alam yang mendunia, ternyata di pantai-pantai bali masih saja banyak sampah bertebaran di pantai. Memang sepertinya masalah sampah tidak ada ujungnya, dan bukan Bali saja yang mengalaminya. Sampah-sampah yang tidak sedap dipandang mata dan juga menimbulkan bau ini bisa saja mempengaruhi kenyamanan wisatawan dan membuat mereka enggan untuk kembali ke Bali.

5Diskriminasi Wisatawan Lokal

Sumber : TeakDoor.com

Ternyata, ada wisatawan lokal juga mengalami hal yang kurang menyenangkan saat berlibur di Bali. Beberapa tahun yang silam, pernah beredar sebuah postingan yang cukup viral dan menceritakan perlakuan berbeda saat wisatawan lokal berkunjung ke Bali. Wisatawan asing dianggap lebih dihormati di beberapa titik tempat seperti restoran. Ada yang bahkan mengeluhkan, wisatawan lokal dianggap tidak terlalu menguntungkan bagi hotel atau restoran tertentu.

Itulah tadi 5 hal yang pernah terjadi di Pulau Bali yang dapat membuat wisatawan kapok berkunjung ke sana. Semoga Bali dan tempat wisata lain di Indonesia dapat terus membenahi dirinya supaya dapat memajukan ekonomi masyarakat serta tetap membuat wisatawan nyaman saat berkunjung ke sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here