Sumber: waktuku.com

Puasa merupakan ibadah wajib umat Islam untuk menahan hawa nafsu termasuk lapar dan dahaga.  Selama beberapa jam dimulai dari waktu subuh hingga Magrib sistem pencernaan istirahat sejenak. Selain untuk kesehatan jiwa, perintah ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Tubuh yang biasanya memforsir untuk beraktivitas berat dan mencerna segala macam makanan dan minuman berhenti sejenak untuk memulihkan diri. Nah, saat berbuka Rasulullah mensunnahkan untuk makan makanan manis dan ringan terlebih dahulu.

Tak ayal jika di bulan penuh berkah ini takjil atau makanan ringan berupa kurma atau jus segar paling dicari. Bagi kamu yang ingin menyegarkan tenggorokan dengan minuman dingin saat berbuka, tak ada salahnya untuk mencicipi 5 menu minuman segar berikut ini, yuk!

1Es Selendang Mayang

Sumber: www.resep.in

Memiliki tampilan yang menggugah selera, es selendang mayang merupakan kuliner khas Betawi. Rasanya yang manis, dan enak bisa membuatmu ketagihan. Cara penyajian dengan mangkuk atau pun gelas menjadikannya semakin terlihat segar. Paling cocok bila disantap sebagai hidangan pembuka bersama keluarga.

2Es Lidah Buaya

Sumber: fahmi-artcolection.blogspot.com

Setelah tubuh lelah beraktivitas seharian ditambah dengan puasa, maka minuman paling tepat untuk mengobati rasa lesu adalah es lidah buaya. Selain memiliki rasa yang tiada duanya, kuliner ini juga menyehatkan. Diketahui bila kandungan lidah buaya bersifat sebagai anti kanker, menurunkan kadar gula dan mengobati panas.

3Es Rumput Laut

Sumber: mimiekesuma.blogspot.com

Seharian berpuasa, tubuh banyak kehilangan energi. Salah satu cara untuk menyegarkan tubuh kembali adalah dengan mengkonsumsi es rumput laut.

Selain segar, kandungan rumput laut juga dapat mengembalikan energi dan cairan yang hilang. Kamu juga bisa menambahkan aneka buah mulai dari alpukat, stroberi, mangga, pisang atau pun sirsak sebagai pelengkapnya, lho.

4Es Kacang Hijau

Sumber: khasiat.co.id

Kacang hijau terbukti dapat menambah tenaga dan darah. Oleh sebab itu, mengkonsumsinya saat berbuka puasa merupakan pilihan yang tepat. Apalagi kalau dicampur dengan es. Siapa coba yang tidak tergiur?

5Es Kelapa Muda

Sumber: www.agrowindo.com

Walaupun bukan bulan puasa, es kelapa muda banyak dicari. Selain karena kesegarannya, kuliner ini menawarkan rasa alami. Selain dapat menyegarkan tenggorokan juga penuh manfaat lho. Seperti mengganti cairan tubuh yang hilang, mengatasi gangguan pencernaan selama berpuasa hingga bersifat sebagai antioksidan.

Es segar mana dulu yang akan kamu coba untuk berbuka puasa? (ind/flk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here