Sumber: www.bogor.net

Kesehatan itu mahal harganya dan lebih berharga dari apa pun. Itulah sebabnya, ada pepatah bilang, mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebab kalau udah mengobati, maka kamu harus merogoh kocek, tenaga dan apa pun demi kesembuhan.

Maka dari itu cek kesehatan sedini mungkin itu penting banget. Sebab kamu nggak bakal tahu kondisi tubuh dan ada apa di dalamnya kalau nggak diperiksa lebih awal. By the way, ada baiknya ketahui gejala yang ada dalam diri untuk penanganan dini.

1Susah tidur

Sumber: www.hindustantimes.com

Saat malam hari, tubuh melepaskan hormon stres atau disebut dengan kortisol. Sehingga kondisimu menjadi lebih rileks dan energi terisi kembali. Saat kamu nggak bisa tidur atau menderita insomnia, hormon kortisol meningkat, sehingga berakibat pada stres yang terlalu belebihan.

Menurut Mind Over Medicine: Scientific Proof That You Can Heal Your Self, ketika respon stres meningkat, tubuh secara alami bakal menurun kondisinya. Pada akhirnya berujung apda sakit.

2Gampang lelah

Sumber: www.meetdoctor.com

Tubuh yang lelah merupakan akibat dari pembakaran minyak pada malam hari. Sehingga kelenjar tiroid nggak berfungsi dengan baik, dan adrenalin terbakar habis. Alhasil jadi kehabisan tenaga.

Semua itu berawal dari pola hidup, seperti pekerjaan yang terlalu banyak, jarang tidur hingga makanan. Kelelahan yang kronis merupakan gejala dari sistem saraf yang terjebak dalam stres berkepanjangan.

3Urine berwarna kuning tua

Sumber: lifestyle.kompas.com

Hidrasi sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Saat tubuh terhidrasi dengan baik, maka urin juga cenderung bersih. Jika kamu menemukan warnanya kuning tua, maka tandanya tubuh tidak cukup cairan.

Minuman yang banyak mengandung kafein, alkohol, soda dan barbahan kimia justru membuat tubuh tidak terhidrasi dengan baik. Konsumsilan teh hijau, herbal, atau air kelapa untuk menambahkan cairan pada tubuh.

4Mengorok

Sumber: www.futuready.com

Mendengkur bisa jadi merupakan gejala dari gangguan tidur. Obstruksi di saluran pernapasan dapat meningkatkan risiko hipertensi pulmonal dan gagal jantung. Jadi, jika kamu mengorok saat tidur, waspada ya guys.

5Gatal berlebihan

Sumber: www.autoimuncare.com

Gatal digigit serangga sih nggak masalah. Tapi gimana sih kalau menemukan gejala tersebut berulang kali dan cenderung nggak sembuh-sembuh? Bisa jadi itu disebabkan oleh gangguan kulit atau alergi.

Biasanya rasa gatal yang timbul dibarengi dengan kulit bersisik, kering, memerah dan mudah mengelupas. Nah, kalau sudah menemukan tanda demikian, alangkah lebih baik untuk periksa ke dokter, ya.

6Gampang cemas

Sumber: www.glitzmedia.co

Perasaan cemas dapat mempengaruhi pikiran dan kondisi tubuh. Jika nggak mengendalikannya dengan baik, maka kamu lebih berisiko terkena penyakit jantung.

Hal tersebut diakibatkan ketidakseimbangan hormon seks, hipertiroidisme, tumor adrenal dan masih banyak lagi lainnya. Saat menemui dirimu dalam cemas, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter atau mencari hiburan.

Well guys, ketahui lebih dahulu gejala apa yang ada dalam dirimu. Sebagai pencegahannya ada baiknya untuk mencanangkan pola hidup sehat mulai sekarang.

Cara lainnya yakni dengan bantuan Samsung Galaxy A6+ yang dapat menjaga keseimbangan kesehatan pribadi. Fitur Samsung Health berfungsi untuk memantau tingkat aktivitas, nutrisi harian hingga pola tidur. Hanya dalam satu genggaman, fasilitas ini akan membuat hidupmu jadi lebih teratur, nyaman dan sehat tentunya.

Manage your health with Samsung Galaxy A6+! (ind/flk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here