Sumber : www.sebarkan.org

Orang Indonesia memang punya keunikan tersendiri dalam kehidupan sehari-harinya. Termasuk dalam hal ini adalah seputar kebiasaan yang dilakukannya. Banyak kebiasaan yang dilakukan di sekitar kita yang ternyata nggak bagus banget tapi diangap lazim. Apa saja hal itu? berikut diantanya.

1Makanan

Sumber : www.brilio.net

Kebiasaan unik yang pertama adalah dalam hal makanan. Kamu pasti pernah melihat atau mengalami sendiri. Saat teman kamu bawain makanan yang banyak, pada ramai-ramai rebutin tuh makanan. Tapi saat makanannya tinggak satu biji, eh nggak ada yang mau menyentuhnya. Ini karena sungkan atau sudah pada kenyang ya ?

2Sandal

Sumber : www.brilio.net

Hal ngeselin yang dilakukan orang Indonesia selanjutnya adalah urusan sandal. Kamu mungkin pernah mengakaminya juga. Waktu berangkat sholat ke masjid untuk menunaikan sholat Jum’at kamu membawa sandal yang bagus. Eh, pas pulang sandal kamu ilang dan sandal yang tersisa adalah sandal yang butut. Memang sih, warnanya sama tapi bentuknya sudah buluk banget !

3Ngantri

Sumber : www.brilio.net

Ini juga yang jadi penyakit di sekitar kita yang dianggap biasa. Susah banget buat ngantri dengan rapi. Misalnya pada saat mengantri pembagian sembako. Wah, bisa-bisa saling sikut gara-gara takut nggak kebagian. Padahal sudah dikasih kupon.

4Ngaret

Sumber : www.memecenter.com

Kebiasaan jelek orang Indonesia selanjutnya adalah ngaret. Hal ini juga udah sering dianggap kebiasaan dan banyak yang berpikir daripada kepagian, mendingan rada telat. Padahal lebih baik menunggu dan tepat waktu kan?. Salah satu contohnya misalnya kamu janjian main futsal bersama teman-teman jam 7. Walah…malah jam 7.30 baru pada datang. Akhirnya waktu bermain kepotong setengahnya gara-gara kelamaan menunggu.

5Korupsi dan Pungli

Sumber : www.brilio.net

Ketika mendengar kata korupsi, jangan langsung membayangkan duit yang jumlahnya besar yang dikutilin oleh para koruptor. Hal paling kecil biasa dilakukan di sekitar kita adalah korupsi waktu, yaitu kerja yang ngaret. Atau bisa juga korupsi terhadap orang tua kita sendiri, misalnya kembalian uang belanja nggak dibalikin ke orang tua. Kalau di sekitar sih ya maraknya pungli. Di setiap tikungan pasti ada abang-abang yang mintain uang buat jasa belok atau putar balik mobil. Kalau nggak ngasih, ya siap-siap deh ada baret di mobil.

6Gengsi Dulu

Sumber : www.memecomic.id

Kebiasaan lain yang sering dilakukan di sekitar adalah orang yang mengutamakan gengsi dulu dibandingkan kemampuan. Bela-belain beli mobil atau barang mahal padahal kemammpuannya pas-pasan. Alhasil berhutang dengan cara kredit. Kalau kreditnya longgar sih nggak apa apa. Tapi seringkali malah keteteran dan cari hutang lagi buat menutupinya.

Itulah tadi beberapa kebiasaan unik dan kurang baik yang biasa dilakukan di sekitar kita. Kalau kebiasaan yang jelek-jelek ya harus dirubah dimulai dari diri kita sendiri. Tapi kalau kebiasaan yang baik ya harus dilanjutkan dan dibudayakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here