Sumber: en.bagheera.fr

Tahu kan apa itu desa? Ya, menurut KBBI, desa adalah suatu wilayah yang dihuni oleh sejumlah keluarga yang memiliki suatu sistem pemerintahan sendiri dan dikepalai oleh seorang Kepala Desa. Tak hanya di Indonesia, desa juga banyak kamu temui di luar negeri. Namun berbeda halnya dengan di Indonesia, di luar negeri kamu akan menemukan banyak desa yang bisa dibilang unik.

Ada desa yang semua penduduknya telanjang, hingga ada juga desa yang di mana semua penduduknya adalah wanita. Nah, berikut adalah 7 desa terunik di dunia, ada juga yang dari Indonesia.

1Desa Pikun Hogewey – Belanda

Sumber: cbc.ca

Desa Hogewey terletak di Weesp, cukup dekat dengan ibu kota Belanda, Amsterdam. Desa ini dibangun oleh Yvonne van Amerongen dan beberapa rekannya, yang memang diperuntukkan bagi para lansia yang sudah pikun. Sebenarnya tempat ini adalah sebuah pantai jompo, namun didesain sedemikian rupa menyerupai sebuah desa.

2Asola dan Fatehpur Beri – India

Sumber: kalamfanclub.com

Kedua desa di India ini juga dikenal sebagai desa terkuat di dunia. Bagaimana tidak, 90 persen laki-laki yang tinggal di desa ini memiliki badan kekar dan berotot. Dengan perawakannya yang gagah dan sangar, banyak dari mereka yang bekerja sebagai bodyguard di beberapa klub malam yang ada di New Delhi.

3Desa Jharia dan Desa Bokapahari – India

Sumber: www.videovolunteers.org

Kedua desa ini terletak di negara bagian Jharkhand. Mereka tinggal di atas wilayah yang menyimpan kandungan batu bara terbesar di dunia. Karena cadangan batu bara yang melimpah, para penduduk di desa itu seakan sudah familiar dengan kebakaran batu bara atau munculnya gas beracun dari celah-celah rumah mereka.

4Desa Telanjang – Inggris

Sumber: en.bagheera.fr

Desa Telanjang, atau yang juga bernama Desa Spielplatz ini berada di Bricket Wood, Hertfordshire, Inggris. Semua penduduk desa ini adalah kaum nudis, yang enggan berpakaian dan memilih untuk telanjang bulat dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Ini juga disebut sebagai desa nudsi tertua di dunia, karena sudah berdiri sejak tahun 1929.

5Noiva do Cordeiro – Brasil

Sumber: nzbzd.com

Noiva do Cordeiro adalah desa unik yang ada di Brasil. Desa ini dikatakan unik karena semua penduduknya adalah wanita cantik dan berkepribadian mendiri. Meskipun sudah menikah dan memiliki anak laki-laki, para wanita tersebut diharuskan untuk tetap tinggal di desa ini. Suami dan anak laki-laki mereka hanya boleh pulang setiap akhir pekan.

6Desa Tanpa Sinyal – Amerika Serikat

Sumber: postingan-keren.blogspot.com

Green Bank, di Pocahontas County, Virginia Barat, Amerika Serikat ini bisa dikatakan sebagai desa paling tenang di dunia. Karena di sana tidak akan ditemukan satu pun sinyal. Itu karena desa ini juga menjadi rumah bagi teleskop terbesar di dunia, Robert C Byrd Green Bank Telescope (GBT).

7Dusun Kasuran – Yogyakarta

Sumber: brilio.net

Yang terakhir adalah Dusun Kasuran, yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta. Meskipun bernama ‘Kasuran’, namun ternyata semua penduduk di desa ini selalu tidur tanpa menggunakan kasur. Bukannya mereka tidak mampu beli, namun mereka masih memegang adat dan petuah yang ditinggalkan oleh nenek moyang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here