Sumber: Lakey Banget

Sebagai seorang sutradara, pasti dia akan menggarap film sebagus mungkin demi menarik perhatian banyak penonton. Namun tidak jarang, film yang sudah dibuat bagus-bagus justru dilarang tayang, atau istilahnya dicekal di berbagai negara. Karena memang sebagus apa pun film yang diproduksi, namun jika tidak sesuai dengan norma yang ada di negara tersebut, pastinya film itu akan dicekal.

Bicara soal cekal-mencekal, Indonesia menjadi salah negara yang cukup ketat. Tidak hanya film luar negeri, bahkan ada juga beberapa film lokal yang justru dicekal di Indonesia. Mau tau apa saja film-film yang dicekal? Berikut adalah ulasannya.

1The Year Of Living Dangerously (1982)

Sumber: Toko Buku Bekas

Ini adalah film garapan Peter Weir, yang mengangkat isu tentang politik di Indonesia pada tahun 1965, atau jelang peristiwa berdarah G30S/PKI. Oleh sebab itu, film ini dilarang tayang di Indonesia, mengingat G30S/PKI adalah sejarah kelam bagi bangsa Indonesia.

2Schindler’s List (1993)

Sumber: Amadei33

Ini adalah film tentang pembantaian umat Yahudi yang dilakukan oleh rezim Adolf Hitler pada masa Perang Dunia ke-2. Film ini pun dilarang tayang di Tanah Air, mengingat mayoritas penduduk Indonesia beragama muslim. Oleh sebab itu, film yang mengangkat isu tentang Yahudi akan dianggap isu sangat sensitif.

3True Lies (1994)

Sumber: Cinemorgue Wiki

Trues Lies adalah film garapan James Cameron yang mengangkat isu tentang teroris asal Timur Tengah. Indonesia sendiri mencekal film ini karena dianggap menyudutkan salah satu pihak, di mana teroris diidentikkan dengan orang Timur Tengah dan juga Muslim.

4Merdeka 17805 (2001)

Sumber: Jadi Berita

Merdeka 17805 adalah film hasil dari kolaborasi antara rumah produksi Indonesia dan juga Jepang. Namun sayang, film ini lebih menonjolkan cerita bahwa Jepang adalah pihak yang paling berjasa atas kemerdekaan Indonesia. Oleh sebab itu, Lembaga Sensor Film mencekal film ini karena dianggap tidak sesuai dengan sejarah bangsa Indonesia.

5Irreversible (2002)

Sumber: identi

Ini adalah film garapan Gaspar Noe, yang di dalamnya banyak mempertontonkan adegan pemerkosaan. Selain di Indonesia, film ini juga dicekal di Selandia Baru.

6Pocong (2006)

Suber: Sikunti

Film garapan Rudi Soedjarwo ini dicekal di negara sendiri karena adanya adegan yang menyinggung unsur sara dan pemerkosaan yang brutal. Selain itu masih banyak hal-hal tabu lainnya yang dipertontonkan film ini.

7Something In The Way (2013)

Sumber: Revi

Sang sutradara, Teddy Soeriaatmadja memang tidak pernah berfikir untuk mengedarkan film ini di Indonesia dan memilih untuk mengedarkannya di luar negeri. Karena dia meyakini bahwa film garapannya ini akan ditolak di Indonesia, karena mengangkat isu tentang prostitusi waria.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here