Sumber: www.dictio.id

Shalat merupakan tiang agama yang harus dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia. Ibadah wajib terdiri dari Subuh, Dhuhur, Ashar, Magrib dan Isya’. Lima waktu tersebut memiliki jumlah yang berbeda-beda sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasululllah.

Setiap ibadah Shalat memiliki gerakan yang sama. Diawali dengan takbirattul ihram dengan posisi berdiri, ruku’, sujud, hingga duduk. Tahu nggak sih jika setiap gerakan tersebut ternyata memiliki arti filosofi yang bermanfaat sekali. Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1Niat Shalat

Sumber: www.blogkhususdoa.com

Sebelum melakukan ibadah Shalat, diwajibkan untuk membaca niat. Niyyah dimaksudkan dengan ketetapan dan ketulusan hati seseorang untuk melakukan sesuatu. Jika diaplikasikan di kehidupan sehari-hari, niat merupakan pernyataan dan keteguhan hati untuk melakukan kegiatan dengan sunnguh-sungguh. Segala sesuatu yang dimulai dengan niat baik, maka akan membuahkan hasil yang baik pula.

2Takbir pembukaan

Sumber: ajiraksa.blogspot.co.id

Mengucapkan Allahu Akbar di awal Shalat berarti melemparkan segala urusan duniawi. Setiap manusia harus meninggalkan urusan dunia di belakang sejenak untuk menghadap Sang Pencipta.

Sementara arti kata Allahu Akbar sendiri berarti Allah Maha Besar, yang mana telah menciptakan alam semesta beserta isinya.

3Berdiri

Sumber: bersamadakwah.net

Berdiri atau qiyam merepresentasikan para malaikat dan pepohonan yang selalu berdiri untuk mensyukuri nikmat Allah. Gerakan ini juga menunjukkan bila manusia merupakan ciptaan-Nya yang patut untuk memuji Tuhan Semesta Alam. Sikap tunduk selama berdiri memiliki arti kerendahan hati, dan sifat sombong hanya milik Allah SWT.

4Membaca Surah

Sumber: palembang.tribunnews.com

Setiap gerakan Shalat harus diiringi dengan bacaan wajib Al-Fatehah dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an. Hal ini bertujuan untuk memuji serta mensyukuri Allah SWT. Ia lah yang menciptakan dan mengatur alam semesta dengan sempurna.

Bacaan-bacaan tersebut juga bertujuan untuk meminta pertolongan Sang Pencipta dan selalu mengharapkan kehadiran-Nya kapan dan di manapun.

5Ruku’

Sumber: nu.or.id

Ruku’ berarti mengagungkan Allah pemilik alam semesta. Gerakan ini juga menjadi simbol malaikat yang selalu konsisten tunduk kepada Penciptanya. Tidak ada yang melebihi kuasa-Nya, sekalipun manusia, malaikat dan makhluk-makhluk lainnya.

6Sujud

Sumber: www.islampos.com

Sujud juga merepresentasikan gerakan malaikat yang selalu bersujud. Kemudian hewan-hewan melata yang senantiasa menundukkan kepalanya kepada Allah SWT. Gerakan ini juga menjadi simbol bahwa manusia merupakan makhluk ciptaann-Nya yang tak memiliki keberdayaan apa pun. Dengan menyembah Sang Pencipta, maka kita akan selalu berada di lindungan-Nya.

7Duduk

Sumber: uangteman.com

Sama halnya dengan posisi gunung dan bebatuan yang layaknya orang duduk, manusia pun haru senantiasa duduk di depan Sang Pencipta. Gerakan ini menegaskan bila segala sesuatu hanyalah milik Allah SWT. Kemudian diikuti dengan bacaan tahiyat serta dua kalimat syahadat, Tiada Tuhan Selain Allah, Nabi Muhammad utusan Allah.

Setiap gerakan Shalat telah diciptakan dengan sesempurna mungkin untuk mengingatkan manusia kepada Tuhannya. Yuk, lakukan ibadah dengan rutin sesuai dengan waktu wajibnya! (ind/flk)

Source: Hakikatislam.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here