Sumber: www.ngopibareng.id

Sebelum memulai debut, para idol Kpop memulai pelatihan menyanyi, menari, sampai atitude untuk kemudian siap diorbitkan. Mereka biasanya sudah dididik sejak usia belasan tahun dengan latihan yang keras dan ketat.

Biasanya pihak management akan membuat konsep idol grup sesuai dengan karakter masing-masing anggota. Bila mereka masih berusia belasan tahun, maka dibuatlah tema cute dan school. Berbeda lagi saat mereka sudah menginjak usia dewasa, konsep dibuat lebih mature atau seksi. Tujuannya si sebenarnya agar nggak monoton dan membosankan. Sehingga mereka tetap berkembang dan eksis sesuai dengan tuntutan zaman.

Namun, ada lho idol grup yang sedari awal udah sepakat untuk nggak membuat konsep seksi. Siapa saja?

Oh My Girl

Oh My Girl memulai debut pertamanya pada tahun 2015 dengan mengusung girl-next-door. Dalam setiap video klipnya, penonton bakal disuguhkan dengan nuansa mimpi, fantasi dan layaknya negeri dongeng.

Kembali lagi pada tahun 2018, mereka justru mencoba konsep dream namun dengan nuansa childish. Di video klip Banana Allergy Monkey, penggemar justru dibuat lebih fresh dengan performance fantasi namun lebih cute.

1April

Sumber: www.omahkpop.com

Grup yang terdiri dari enam orang ini memulai debutnya pada 2015 dengan menelurkan mini-album bertajuk Dreaming. Mereka mengusung tema fairy-tale dan feminin. Meski pada akhirnya salah satu member mereka keluar, April tetap meneruskan konsep cute, dan manis dengan beberapa album comeback, seperti Spring, Prelude, Mayday, Eternity, dan yang baru saja dirilis The Blue Bird.

2Apink

Sumber: kpoponfire.com

Tujuh orang anggota debut pada tahun 2011 dengan mini album berjudul Seven Springs of Apink. Hingga kini mereka tetap bertahan meski salah satu member udah hengkang.

Grup yang punya karakter vokal unik ini sudah meirilis 7 mini-album, tiga album Korean Studio, dan tiga Japanese Studio. Meski seoak terjangnya di dunia hiburan udah bertahun-tahun lamanya, namun mereka masih kekeuh dengan konsep cute.

3Lovelyz

Sumber: aminoapps.com

Memulai debut dengan album Girls Invasion, Lovelyz tampil dengan konsep anak sekolahan dan fokus pada elegan dan feminin. Di album terbaru mereka bertajuk Heal, kedelapan anggotanya tampil lebih dewasa namun tetap memilih tema sweet.

4Loona

Sumber: twitter.com

Loona memulai debutnya  pada Agustus 2018 dengan single andalan mereka Favorite yang diambil dari album ++. Tapi sebelumnya, masing-masing member udah memulai debut sejak 18 bulan yang lalu dengan konsop sub-unit dan penampilan yang cute.

Loona 1/3 yang terdiri dari Heejin, Hyunjin, Haseul dan Vivi memulai debut dengan album Love & Live pada tahun 2017. Sementara Loona/Odd Eye Circle debut di akhir tahun 2017 yang terdiri dari Kim Lip, Jinsoul dan Choerry dengan album Mix & Match.

Nggak berheni di sana, Loona yyxy (youth youth by young) merupakan sub-unit terakhir menuju debut yang terdiri dari Tves, Chuu, Go Won dan Olivia Hye. Single mereka berjudul Beauty and The Beat rilis pada Mei 2018 dan dilanjutkan dengan debut all member Loona termasuk Yeojin, member Loona 1/3 yang nggak sebelumnya nggak dipromosikan.

5Cosmic Girls

Sumber: www.helloasia.com.au

Sama halnya dengan Loona, Cosmic Girls juga awalnya memperkenalkan sub-unit mereka (Wonder Unit, Joy Unit, dan Natural Unit). Kemudian 12 anggota menyatu dan menelurkan mini-album pertama bertajuk Would U Like? pada tahun 2016.

Kemudian, member I.O.I, Yoo Yeonjung ikut bergabung dan mereka merilis The Secret serta Happy Moment. Pada album terbaru berjudul Dream Your Dream, mereka terliha lebih dewasa.

6Gfriend

Sumber: www.soompi.com

Pada tahun 2015, Gfriend memulai debutnya dengan album Season Glass. Dilanjutkan dengan snowflake dan LOL pada tahun 2016. Ketiganya memiliki konsep cute dan gemesin.

Nah, pada tahun 2017 mereka comeback dengan album The Awakening dan konsep lebih dewasa namun tetap back to school.

Itu dia deretan idol grup yang sama sekali nggak memilih konsep seksi untuk proyek-proyek mereka. Kendati demikian, dengan ke-cute-an mereka fans justru makin gemes! (ind/flk)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here