Sumber: Wowkeren

Musim kemarau hampir usai dan berganti dengan musim penghujan. Seperti pada umumnya, di musim penghujan udara akan berubah menjadi lebih sejuk dan dingin karena matahari bersinar tak terlalu terik, terhalang oleh timbunan awan di angkasa. Untuk mengatasi udara dingin, 7 minuman tradisional ini pun bisa menjadi pilihan yang pas untuk menemani hari-harimu. Selain memiliki rasa yang unik, minuman ini juga bisa menghangatkan tubuhmu.

1Wedang Tahu

Sumber: pegipegi

Wedang tahu, atau di beberapa daerah disebut juga dengan tahwa atau kembang tahu. Minuman ini sendiri terbuat dari tahu sutera yang disajikan dengan kuah jahe yang masih hangat, sehingga cocok untuk menjadi teman di saat hujan atau udara dingin sedang melanda.

2Bajigur

Sumber: Opibun

Tak akan sulit menemukan para penjual bajigur di jalanan ibu kota. Biasanya bajigur disajikan dengan aneka cemilan hangat, seperti singkong, ubi, kacang rebus, atau pun pisang rebus. Bajigur sendiri adalah minuman yang terbuat dari gula aren, kopi, dan santan.

3STMJ

Sumber: deviantart.ne

Tahu kan apa itu STMJ? Nah, STMJ adalah singkatan dari susu, telur, madu, dan jahe, yang merupakan bahan dasar pembuatannya. Adanya kandungan jahe membuat minuman ini bisa menghangatkan tenggorokan dan perut ketika diminum. Cocok untuk teman sendu di kala hujan turun.

4Wedang Ronde

Sumber: okezone

Wedang ronde adalah minuman tradisional yang terbuat dari bahan mutiara sagu, kacang, roti, serta memiliki rasa perpaduan antara manis dan pedas. Rasanya yang unik dan dijasikan dalam kondisi hangat membuat wedang ronde menjadi salah satu minuman favorit saat musim hujan telah tiba.

5Bandrek

Sumber: berrykitchen.com

Pernah gak minum bandrek? Kalau belum kamu harus mencobanya. Minuman dengan rasa unik ini berasal dari Jawa Barat, terbuat dari jahe, gula aren, kulit kayu manis, susu kental manis, ditambah dengan berbagai rempah-rempah.

6Bir Pletok

Sumber: grid.id

Jangan salah dulu, minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol meskipun mengandung nama bir. Minuman ini sendiri 100 persen terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia, dan sangat cocok untuk menjadi teman di malam hari saat udara dingin mulai menyerang di musim penghujan.

7Wedang Uwuh

Sumber: Shutterstock

Wedang uwuh sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bir pletok. Hanya saja yang membedakannya adalah rempah-rempahnya ikut disajikan di dalam gelas, sehingga mirip seperti uwuh atau sampah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here