Sumber: cz.depositphotos.com

UNESCO mencatat ada 8 tempat wisata yang masuk kedalam UNESCO World Heritage Sites. Bukan tanpa alasan, sebab lokasi-lokasi tersebut memiliki keindahan alam, dan cerita sejarah.

Di bawah perlindungan organisai terbesar dunia, maka delapan tempat di Indonesia tersebut tetap terjaga kelestariannya dan tak sembarang orang boleh mengacaukannya. Well guys, kamu kalau sedang travelling keliling Indonesia, wajib kunjungi tourism object yang menjadi situs dari UNESCO berikut ini!

1Candi Borobudur

Sumber: commons.wikimedia.org

Candi yang berasal dari abad ke 9 ini memiliki corak Buddha. Strukturnya yang unik, hanya dengan menyusun bebatuan tanpa perekat menjadikannya sebagai keajaiban dunia. Ribuan umat Buddha datang kemari untuk bersembahyang di Hari Waisak.

2Taman Nasional Komodo

Sumber: www.kliksamarinda.com

Taman Nasional Komodo merupakan pulau terpisah yang dihuni oleh 5700 jenis Komodo Dragons. Dikategorikan sebagai hewan yang terancam punah, maka lokasi ini diambil alih oleh UNESCO untuk dilindungi. Jika datang ke sini, wisatawan bisa menikmati indah laut biru dan pasir putih yang eksotis.

3Candi Prambanan

Sumber: candi1001.blogspot.co.id

Candi Prambanan diketahui bercorak Hindu yang terletak di dekat Yogyakarta. Sebagai candi Hindu yang terbesar di Asia, Prambanan setiap harinya dikunjungi oleh ratusan hingga ribuan wisatwan. Di sini kamu juga bisa belajar tentang legenda dan sejarah dari terbentuknya situs tersebut.

4Taman Nasional Ujung Kulon

Sumber: traveltodayindonesia.com

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di ujung barat pulau Jawa. Lokasi tersebut merupakan bagian dari tanah Sunda yang menyuguhkan keindahan alam. Salah satu spesies yang dilindungi dan menjandi ciri khas dari tempat ini adalah badak bercula satu yang kini terancam punah populasinya.

5Situs Manusia Purba Sangiran

Sumber: geosiar.com

Situs penggalian fosil hominis pertama ditemukan di lokasi ini. Lima puluh fosil Homo Erectus juga ditemukan di Sangiran. Menurut sejarawan dan para ilmuwan bila lokasi ini telah dihuni selama lebih dari satu setengah juta tahun dan menjadi saksi dari proses evolusi manusia. Lokasinya tepat 15 km sebelah utara Surakarta, di Lembah Sungai Solo.

6Taman Nasional Lorentz

Sumber: vebma.com

Taman Nasional Lorentz memiliki puncak tertinggi di dunia, yakni Cartenz. Berada di ketinggian 4884 meter, puncak tersebut dikelilingi oleh glester yang indah. Sementara wilayah taman nasional menjadi rumah bagi para 630 spesies burung dan 123 spesies mamalia. Tidak hanya itu, lokasi ini juga masih dihuni secara turun temurun sejak ribuan tahun oleh suku asli.

7Hutan Tropis Sumatera

Sumber: www.inibaru.id

Wilayah Hutan Tropis Sumatera terdiri dari tiga taman nasional, yakni Gunung Leuser, Kerinci Sebat dan Bukit Barisan Selatan. Situs UNESCO ini terkenal dengan orang utan Sumatera. Pengunjung juga bisa menikmati suasan aalam yang masih terjaga serta trekking di sekitaran lokasi.

Mau berkunjung ke mana dulu nih? Cintai negeri dengan menjelajahinya yuk, guys! (ind/flk)

Source: Allindonesiatravel.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here