Sumber: spatrimun.com.vn

Khasiat lidah buaya emang nggak perlu diragukan lagi. Selain sebagai minuman yang menyegarkan, para pakar kecantikan juga menjadikannya sebagai bahan untuk merawat kulit.

Kegunaan Aloe vera telah ditemukan sebjak zaman Mesir kuno. Mereka menggunakannya untuk mengobati segala jenis permasalahn kulit. Setelah diteliti, ternyata di dalamnya terkandung air yang cukup banyak sehingga dapat menghidrasi kulit. Kemudian vitamin A, B1, C, lemak, fosfor, dan zat besi. Nggak heran kalau banyak brand kosmetik menggunakannya sebagai bahan untuk produk mereka.

Well, masalah kulit apa dan bagaimana cara merawat dengan Aloe vera sih?

1Untuk kulit cerah bersinar

Sumber: dramafever.com

Sekarang kulit cerah bersinar bisa banget kamu dapatkan dengan cara mudah. Caranya yakni dengan mengkombinasikan lidah buaya, susu, madu, air mawar, dan kunyit. Jangan pula untuk tambahkan air secukupnya agar teksturnya lebih lembut. Nantinya, akan berupa pasta kental dan oleskan secara merata ke seluruh wajah. Diamkan selama 10 menit hingga mengering. Lalu bilas dengan air bersih.

2Untuk kulit berminyak dan kering

Sumber: ilookwar.com

Perawatan kulit berminyak dan kering biasanya saling bertolak belakang. Namun dengan Aloe vera keduanya bisa diatasi. Kombinasikan lidah buaya, minyak zaitun dan shea buttter, kemudian aduk hingga rata. Oleskan secara merata ke seluruh wajah dan leher. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

3Untuk kulit gelap karena cahaya matahari

Sumber: thetab.com

Seharian beraktivitas di bawah sinar matahari membuat kulit kusam dan terbakar. Alhasil warna kulit tidak merata, dan timbul flek hitam. Tapi tenang saja, lidah buaya memiliki kandungan antioksidan, selenium, magnesium dan zat besi yang berfungsi untuk memperbaiki dan merevitalisasi kulit.

Cara mudahnya yakni mengkombinasikan dengan perasan lemon. Kemudian oleskan secara merata ke seluruh wajah. Biarkan hingga mengering dan bilas dengan air bersih. Aplikasikan secara teratur untuk hasil maksimal.

4Untuk scrub

Sumber: dailyvanity.sg

Scrub lidah buaya jadi favorit para pakar kecantikan. Caranya mudah banget, cukup mix dengan oatmeal dan alpukat yang sudah dihaluskan. Aduk hingga merata lalu oleskan pada seluruh wajah. Sembari mengaplikasikan, pijat secara merata dan diamkan selama 10 menit. Jangan lupa bilas dengan air bersih, ya!

5Khusus untuk kulit kering

Sumber: www.athomediva.com

Kandungan air pada lidah buaya bermanfaat sebagai pelembap alami, sehingga baik untuk jenis kulit kering. Mix Aloe vera dengan kurma yang sudah dihaluskan, 2 sendok keju, jus lemon secukupnya dan sari mentimun. Haluskan seluruh bahan hingga teksturnya mengental dan oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

6Untuk kulit sensitif

Sumber: bioclarity.com

Dari sekian banyak manfaat lidah buaya, salah satunya adalah melindungi kulit sensitif. Gejala yang ditimbulkan biasanya adalah gatal, perih, panas, memerah hingga meradang. Jika hal ini terjadi padamu, siapkan 4 sendok makan Aloe vera, 2 sendok makan yogurt, 2 sendok makan mentimun.

Haluskan seluruh bahan menjadi satu, lalu oleskan pada wajah dan leher diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan pencucian kedua dengan air dingin agar wajah semakin segar dan bersih.

7Untuk kulit berminyak dan berjerawat

Sumber: jessevandervelde.com

Apa sih yang nggak bisa dilakukan dengan lidah buaya. Selain untuk kulit kering, juga mampu mengontrol minyak berlebih pada wajah. Sementara gel-nya mengandung anti mikroba yang bisa mengatasi jerawat.

Nggak perlu dikombinasikan dengan baha lainnya, cukup oleskan gel ke seluruh wajah dan leher. Utamanya pada bagian yang berjerawat. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

8Untuk kulit di atas 50 tahun

Sumber: hellosehat.com

Penuaan ditandai dengan kerut-kerut halus yang timbul di permukaan kulit wajah. Flek-flek hitam terkadang juga menyertai. Wanita berusia di atas 50 tahun rentan timbul masalah ini, sehingga mereka mencoba berbagai macam cara untuk mengencangkannya kembali.

Kini tak perlu khawatir, sebab lidah buaya mampu mengatasi semuanya. Kandungan antioksidan akan membantumu mengencangkan kulit hingga tampak seperti usi 30-an. Cukup jadikan gel lidah buaya sebagai masker pada wajah dan diaplikasikan secara teratur. Maka semuanya bisa teratasi.

9Untuk pigmentasi berlebih

Sumber: www.tampilcantik.com

Kandungan mineral dan vitamin membuat melanin berlebih jadi lebih terkontrol. Caranya mudah banget, cuup dengan campurkan 1 sendok makan lidah buaya dengan satu sendok teh air bunga mawar. Oleskan pasta tersebut ke seluruh wajah sambil lakukan pemijatan ringan. Diamkan selama 20 menit untuk hasil terbaik, barulah kemudian bilas dengan air bersih.

Sesuaikan perawatan lidah buaya dengan jenis kulit yang kamu miliki. Sementara untuk hasil maksimal, lakukan secara rutin setiap dua hingga tiga kali seminggu. Semoga bermanfaat! (ind/flk)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here