Sumber : Independent

Seiring berjalannya waktu, selalu ada beberapa ekosistem yang terancam kepuanahan. So, tidak heran jika saat ini bumi mulai rapuh karena berbagai macam ketidakseimbangan. Well, meskipun demikian, ada baiknya kita saling menjaga lingkungan ya gaes! Dikutip Independent, beberapa spesies yang sudah ada sejak jaman dahulu mulai terancam kepunahan karena kerusakan yang dibuat oleh manusia sendiri. Dimulai sejak tahun 1970 sampai tahun 2012, populasi binatang menurun hingga angka 58% gengs! So, penasaran hewan apa saja mereka simak yuk ulasan berikut ini

1Panthera pardus (Macan amur)

Sumber : Independent

Saat ini macan amur yang hidup di kawasan Rusia dikabarkan hanya tersisa 60 ekor saja. Jumlah ini menurun drastis karena macan tersebut menjadi target perburuan liar, korban penebangan hutan, dan perluasan pemukiman.

2Badak Jawa

Sumber : Independent

Badak yang memiliki habitat di Ujung Kulon, Pulau Jawa ini kini hanya tersisa 60 ekor saja. Vietnam juga pernah memiliki badak Jawa yang akhirnya mati karena menjadi target perburuan liar pada tahun 2010 lalu. Badak Jawa mengalami kepunahan karena habitatnya yang mulai menyempit karena membukaan lahan untuk perkebunan dan tempat tinggal.

3Penyu sisik

Sumber : Independent

Penyu sisik yang juga memiliki habitat di Indonesia ini juga mengalami kepunahan. Saat ini diketahui jumlah penyu sisik hanya 8.000 ekor dan tersebar di dunia. Penyu sisik menjadi salah satu dari sekian banyak hewan yang menjadi target buruan karena keindahan cangkangnya yang bisa dijadikan perhiasan.

4Gorilla cross-river

Sumber : Independent

Kini hanya terdapat 200 – 300 ekor gorilla jenis cross river yang berhabitat di Kongo. Gorilla yang mulai ditemukan sejak tahun 1904 ini terancam punah karena habitatnya yang berupa hutan beralih menjadi tempat perkebunan dan peternakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here