kana.fr

Di anime pun ada banyak hal-hal klise yang terulang dan terus terulang sampai kadang-kadang membuat penonton merasa deja vu.

Sebuah karya memang hampir tidak ada yang benar-benar original, satu dengan yang lainnya saling menginspirasi. Termasuk dalam sebuah anime, terkadang penonton akan menemukan hal-hal yang mirip dengan anime lain meskipun hanya di bagian kecil. Kemudian, karena ‘satu hal’ ini kerap kali digunakan untuk menggambarkan suatu kejadian di anime, maka berakhirlah dengan sesuatu yang dianggap sebagai ‘hal klise’. Contoh mudahnya saja, ada berapa banyak pemeran utama yang duduknya di meja belakang dekat jendela? Sudah begitu, yang mereka lakukan bukannya belajar tapi malah melamun.

Itu tadi satu contoh saja. Masih ada banyak lagi hal klise di anime yang jika dijabarkan mungkin akan membuatmu angguk-angguk setuju. Apa saja itu?

1Rakus Sama Makanan

youtube.com

Ada berapa banyak karakter utama yang doyan banget makan? Mari ambil contoh karakter yang paling populer, seperti Luffy, Goku, maupun Naruto. Luffy suka banget makan daging, tapi makanan yang lain pun akan dilahapnya tanpa ampun, begitu pula dengan Goku. Sedangkan Naruto, dia bisa menghabiskan bermangkuk-mangkuk ramen. Bahkan tidak hanya pemeran utama, tokoh lainnya juga kerap digambarkan sangat rakus dengan makanan. Ini sudah umum.

2Cowok Malu-Malu Kucing yang Jadi Raja Harem dan Didekati Cewek-Cewek Cantik

disquscdn.com

Kalau kamu suka nonton anime harem, hal yang paling menyebalkan adalah ketika pemeran utamanya adalah seorang laki-laki kikuk, pemalu, nggak peka yang entah mengapa dikerubungi cewek-cewek cantik nan seksi. Si MC ini bahkan tidak tahu apa yang harus dilakukannya ketika ada cewek nakal yang mulai mepet-mepet padanya. Entah mengapa mereka tidak berusaha menasihati, menolak dengan halus atau menghindar. Pasrah saja gitu bawaannya dan malah bersemu merah pipinya.

3Oppai yang Boing-Boing dan Digrepe-Grepe

akamaihd.net

Entah mengapa, karakter cewek di anime sering sekali di-close up oppai-nya saat sedang mantul-mantul. Bahkan untuk adegan sederhana seperti memperingatkan si pemeran utama sambil berkacak pinggang, maka oppai-nya akan langsung boing. Selain itu, sesama tokoh cewek juga mengapa suka membahas oppai dan menggrepenya sesuka hati. Biasanya terjadi di pemandian air panas, ruang ganti, bahkan tempat umum.

4Menjitak atau Meninju sebagai Hukuman

kana.fr

Seorang tokoh anime mengatakan hal aneh atau bertindak bodoh, maka tokoh yang lain akan menjitak kepalnya atau meninju wajahnya dengan keras. Bahkan kadang tak sekadar memakai tangan, bisa juga pakai teflon, kipas, spatula, buku tebal dan berbagai macam alat berbahaya di sekitarnya.

5Hanya Para Remaja yang Bisa Menyelamatkan Dunia

blogspot.com

Di saat ada monster dari dunia lain, alien dari planet lain, atau malah perang besar dunia, yang turun tangan dan bisa diandalkan adalah para remaja. Ke mana perginya orang dewasa? Mereka hanya menonton dan duduk di balik layar. Oke.

6Hanya Jepang yang Selamat dari Wabah

mymbuzz.com

Hal satu ini mungkin bisa dimaklumi, sebab anime adalah produk Jepang sehingga setiap menceritakan hal-hal mengerikan yang terjadi pada dunia, biasanya hanya Jepang dan sekitarnya yang diceritakan selamat.

7Silahkan Berubah, Para Musuh Nggak Akan Mengganggu Kok

wikia.nocookie.net

Bukan hanya di anime magical girl, kadang di anime shounen pun hal ini sering terjadi. Sang tokoh utama akan bertransformasi lebih dulu, menjadi kuat, lalu kembali bertarung. Musuhnya? Akan melongo dulu mengagumi kekuatan yang baru bangkit tersebut lalu baru bertarung lagi.

8Robot Humanoid adalah Kekuatan Tempur Militer

animeappraised.files.wordpress.com

Apabila sudah ada pasukan robot humanoid, maka kamu tidak akan menemukan pasukan militer yang mengendarai tank, memegang senapan, melempar granat, atau apa pun itu yang ada di dunia kemiliteran pada umumnya. Pertarungan antar robot dan pilotnya lah yang akan mendominasi. Kemungkinan karena setingnya selalu di masa depan, sehingga semua hal sudah berbau teknologi canggih.

9Aku Akan Membunuhmu, tapi Bentar, Ceramah Dulu

narvii.com

Ceramah tidak hanya sering dilakukan oleh pemeran utama, tapi juga villain. Di tengah pertarungan, sering banget kan kamu menemui karakter yang pasti ngobrol dulu sebelum mulai bertempur habis-habisan? Sebab ngobrol itu penting, hal itu lah yang membuat penonton tahu motivasi villain berbuat jahat atau mengapa sang protagonis mau berbuat sejauh itu untuk menyelamatkan dunia.

Namun, meskipun hal-hal di atas hampir selalu ada di anime, menonton tayangan anime tetap menyenangkan dan menghibur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here