Sumber: www.edunews.id

Bumi bukanlah satu-satunya wilayah paling luas. Masih ada planet lain di galaksi yang sama dengan ukuran yang berpuluh-puluh kali lipat lebih besar. Begipula dengan matahari yang bahkan punya ukuran jutaan kali dari planet kita ini.

Semuanya tergabung dalam galaksi Bima Sakti atau Milky Way yang terbentang luas. Sementara Bima Sakti juga bukan satu-satunya galaksi yang ada di alam semesta. Milyaran gugusan galaksi kemudian berkelompok membentuk cluster. Kemudian cluster tersebut membentu super cluster. Bisa membayangkan seberapa luas alam semesta ini?

Pertanyaannya, adakah kehidupan lain di luasnya semesta yang tak terhingga ini? Jawabannya di ulasan berikut!

1Terdeteksi adanya makhluk asing

Sumber: www.erabaru.net

Tidak ada yang tahu adanya kehidupan di galaksi lain. Logikanya, Tuhan menciptakan alam semesta yang begitu luas dan langit berlapis tujuh tanpa membiarkannya dalam keadaan kosong kecuali Bumi. Meski masih menjadi misteri, namun para ilmuwan mendeteksi adanya makhluk asing berteknologi tinggi yang ada di 50 galaksi luar Bima Sakti.

Bukan tanpa alasan, teori ini didasarkan pada radiasi berupa sinyal panas dan cahaya dari galaksi lain yang sama persis dengan milik Bumi.

250 galaksi berpotensi adanya kehidupan

Sumber: www.symmetrymagazine.org

Mesi ada milyaran galaksi di luar angkasa, namun para ilmuwan dari Universitas Negara Bagian Pennsylvania di Amerika hanya mengambil sample 100 galaksi. Mereka mengamatai keadaan, adanya kandungan kimia baik dari cahaya, debu dan udaranya. Dihasilkan 50 di antaranya berpotensi ada kehidupan.

Lima puluh galaksi-galaksi tersebut memancarkan sinar radiasi sinar infra merah yang sangat tinggi. Kendati demikian para ilmuwan terus meneliti adanya kemungkinan peradaban kehidupan atau hanya diakibatkan proses astronomi natural.

3Ada planet mirip dengan bumi

Sumber: jadiberita.com

Seperti dilansir dari Telegraph, para astronom dari NASA melihat adanya bintang yang mirip dengan matahari di galaksi Bima Sakti. Oleh sebab itu mereka memprediksi bila ada planet yang mirip dengan Bumi, baik dari segi ukuran maupun suhu serta iklim yang bahkan masuk dalam zona layak huni.

Menurut data dari NASA, ada sedikitnya 8,8 milyar bintang dengan planet yang seukuran bumi dengan temperatur yang sama.

4Bumi punya kembaran dan jaraknya dekat

Sumber: speculativeevolution.wikia.com

Diteliti melalui teleskop Kepler milik NASA selama empat tahun terakhir, ada 200 miliar bintang di galaksi kita. 40 hingga 50 di antaranya mirip dengan matahari. Bahkan ada satu planet yang mirip sekali dengan bumi mengorbit pada salah satu bintang. Jaraknya hanya 12 tahun cahaya dan dapat dilihat dengan mata telanjang dari planet kita.

5Satelit WISE diluncurkan untuk mendeteksi kehidupan lain

Sumber: www.thoughtco.com

Banyaknya prediksi tentang kehidupan di galaksi lain, maka dari itu fisikawan Freeman Dyson menyatakan bahwa emisi infra merah di luar angkasa bisa jadi adanya kehidupan di luar planet bumi. Maka dari itu, satelit bernama WISE pun diluncurkan untuk meneliti kehidupan lain.

Hingga kini adanya kehidupan lain di luar galaksi masih menjadi misteri. Namun menarik ya bila seandainya ada peradaban canggih selain di bumi? (ind/flk)

Source: internasional.metrotvnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here