www.dictio.id

Pernyataan tidak dan iya merupakan suatu kesatuan yang memiliki fungsi dan dampak yang sangat berbeda bagi kehidupan. Diantara orang-orang yang mampu dengan mudah menolak keinginan orang lain, ada beberapa orang yang ternyata merasa sangat kesulitan untuk menolak. Hal ini membuat suatu benturan antara perkataan dan keinginan si penderita. Ini sangat sering terjadi.

Jika kamu termasuk tipe orang yang sangat sulit untuk menolak permintaan orang lain, akan ada beberapa tips jitu untuk kalian. Nih 5 Cara jitu untuk mengatakan tidak kepada orang lain tanpa harus merasa bersalah karena sudah menolak.

1Ucapkan kata maaf sebelum menolak

www.wikihow.com

Banyak orang bilang kalau kata maaf merupakan jurus yang paling ampuh untuk mengekspresikan rasa bersalah kepada seseorang. Jika benar begitu, kenapa tidak di manfaatkan saja? Gunakan kata maaf dengan efisien seperti mengatakannya ketika sebelum menolak seseorang. Hal ini sangat ampuh dan sering di gunakan oleh para ahli.

2Kamu bisa mengawali dengan pujian dan mengakhirinya dengan terima kasih.

www.wikihow.com

Sebelum menolak atau mengatakan tidak, kamu bisa terlebih dahulu memuji orang tersebut dan kemudian di akhirnya mengucapkan kata terima kasih.

3Beri alasan yang sejujurnya

www.nuga.co

Jika kamu merasa tidak bisa memenuhi keinginan seseorang, cobalah untuk menolak dengan cara yang tulus seperti menjelaskan alasan mengapa kamu tidak bisa melakukannya. Kebanyakan orang akan paham dengan situasimu jika kamu mampu untuk mengatakannya dengan tulus.

4Cobalah untuk menawarkan pilihan lain

www.dictio.id

Terkadang kita harus membuat pilihan yang sulit seperti berkata iya atau tidak. Tetapi dampak yang absolut dapat di minimalisir dengan cara yang satu ini. Kamu bisa memberikan pilihan lain kepada orang tersebut jika kamu memang benar-benar tidak bisa pada saat itu juga. Mungkin lain kali bisa, misalnya.

5Sadari bahwa dirimu tak bisa melakukan segalanya

www.hipwee.com

cara yang satu ini kembali kepada dirimu sendiri. jika kamu memang tipe orang yang sangat sulit untuk menolak permintaan orang lain, kamu seharusnya berfikir bahwa sebenarnya tak ada orang yang mampu melakukan segalanya. Pasti ada satu dua hal yang tak bisa kamu lakukan pada hari itu. Camkan baik-baik, dan realisasikan dengan tindakan. Terkadang suatu penolakan memang membutuhkan ketegasan tanpa memikirkan konsekuensi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here