Sumber: www.oneoceanexpeditions.com

Nama antartika pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian, bukan? Seperti dilansir dari Wikipedia, daerah ini merupakan benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi dan dikelilingi oleh Samudra Pasifik, Atlantik dan Hindia.

Sebagai perbandingan, ukuran Antartika dua kali lipat Australia dan hampir 98% wilayahnya ditutupi oleh es dengan ketebalan 19 kilometer. Bisa dibayangkan kan bagaimana dinginnya area ini? Berikut fakta menarik tentangnya guys!

1Antartika adalah padang es

Sumber: financialtribune.com

Pernah tidak kamu membayangkan tandusnya padang pasir? Belum lagi wilayahnya yang sangat luas. Begitu pula dengan Antartika. Bedanya benua satu ini merupakan gurun es yang terbentang luas.

Menurut Geology.com, Antartika merupakan benua paling dingin, berangin dan paling kering di Bumi. Temperaturnya yang konstan membuat air yang ada di tanahnya menjadi beku hingga membentuk gunung es.

2Antartika pernah sehangat California

Sumber: luminous-landscape.com

Antartika tidak selalu menjadi area yang dingin. Meskipun suhunya mencapai -90 derajat Celcius, namun menurut para ilmuwan dulunya wilayah ini pernah sehangat California.

Para ilmuwan Universitas Yale mengukur temperatur perkiraan pada Zaman Eosen, yakni 40 hingga 50 juta tahun lalu. Ia menemukan ada karbon dioksida di atmosfernya. Sehingga kesimpulan dari penelitian memperkirakan bila selama waktu tersebut iklimnya mencapai 17 derajat Celcius. Bahkan pernah juga ditumbuhi hutan hijau dan ditinggali oleh Dinosaurus.

3Semenanjung Antartika paling cepat memanas

Sumber: www.nathab.com

Perubahan iklim dan pemanasan global merupakan faktor yang sangat penting bagi kondisi lingkungan di Antartika. Di sinilah area bumi paling cepat mengalami peningkatan suhu.

Seperti dilansir dari Discovering Antartica, suhu lautan meningkat 1 derajat celcius sejak tahun 1955. Jangka panjangnya dapat mempengaruhi lingkungan yang ada di Antartika. Es mencair perlahan dan diperkirakan tingkat air akan naik sekitar 60 hingga 65 meter jika semua daratannya meleleh.

4Tidak ada zona waktu

Sumber: rei.com

Kutub Selatan terletak tepat di tengah Antartika, di mana semua garis bujur bertemu sehingga membuat kawasan ini meliputi semua zona waktu.

Sebenarnya tidak begitu penting ada tidaknya zona waktu di Antartika. Sebab tidak ada penduduk tetap. Sementara iklimnya hanya panas yang setiap hari disinari matahari tiada henti. Kemudian musim dingin yang begitu ekstrem.

5Memiliki gunung es aktif

Sumber: visura.co

Antartika merupakan rumah bagi beberapa gunung api dan semuanya aktif. Erebus adalah bagian dari formasi gunung berapi yang membentuk Pulau Ross. Menurut National Geographic, gunung tersebut terbentuk sekitar 1,3 juta tahun yang lalu dan tingginya mencapai 12.500 kaki dari permukaan air laut.

Lava dari Gunung Erebus terus mengalir dan mendidih sejak 1972. Aliran ini disebut-sebut bisa memercik dan menimbulkan bom lava.

Kalau sudah mengetahui fakta tentang Antartika, tertarik berkunjung ke sana? (ind/flk)

Source: Auroraexpeditions.com.au

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here