Sumber : www.beritatrans.com

Salah satu tempat yang paling dingin di dunia ini adalah benua antartika. Benua ini terletak di belahan bumi bagian selatan dimana seluruh permukaannya ditutupi oleh es dan salju. Tempat ini dikenal sangat ekstrim dan bahkan suhu di sana berada di bawah titik beku. Menjalani kehidupan di benua Antartika tentunya sangat tidak mudah dan hanya orang yang mempunyai kemampuan beradaptasi yang tinggi bisa hidup di sana. Apa saja fakta-fakta mencengangkan yang ada di benua Antartika ? Dilansir dari www.mongabay.co.id, berikut ini beberapa di antaranya.

7Dulunya Begitu Hangat, Kini Dingin Ekstrem

Sumber : www.dw.com

Dalam sebuah penelitian, ternyata dulunya benua Antartika merupakan tempat yang hangat hingga banyak pohon kelapa. Hal ini terjadi sekitar 53 juta tahun yang lalu suhu di benua ini pernah ada di 20 derajat celcius. Kini tempat tersebut sangat dingin yaitu -73 derajat celcius. Rekor terdingin di benua Antartika adalah -89,2 derajat celcius yang terjadi pada 21 Juli 1983.

6Penghasil Air Tawar di Permukaan Bumi

Sumber : www.beritatrans.com

70% air tawar yang ada di bumi ini ternyata berasal dari lapisan es yang menutupi benua Antartika. Ketebalan es di beberapa lokasi di sana ada yang mencapai 4 kilometer. Seandainya seluruh es di Antartika mencair, maka permukaan laut di bumi akan naik 60-65 meter.

5Ada Beberapa Organisme Yang Dapat Hidup

Sumber : www.EarthRef.org

Ternyata, meskipun menjadi salah satu tempat terdingin di dunia di mana manusia dan hewan kemungkinan tidak dapat tinggal di sana, ternyata benua antartika terdapat spesies jamur yang dapat hidup. Tercatat ada 1.150 jamur yang dapat bertahan hidup di Antartika.

4Memiliki Semua Zona Waktu

Sumber : www.blogs.ei.columbia.edu

Karena benua ini berada di belahan bumi paling selatan dan memiliki dataran yang sangat amat luas, Antartika memiliki semua zona waktu yang ada di bumi. Semua zona waktu yang digunakan oleh garis bujur, bertemu di kedua kutub, baik kutub utara maupun selatan.

3Bukan Bagian Negara

Sumber : www.umaine.edu

Meskipun memiliki dataran yang sangat luas, ternyata benua Antartika tidak dimiliki oleh negara manapun. Di tahun 1959, diadakan pertamuan negosiasi 12 negara yang isinya menjadikan Antartika sebagai lokasi kegiatan penelitian dan perdamaian. Hingga kini perjanjian tersebut sudah ditandatangani 12 negara.

2Bedanya Dengan Arktik

Sumber : www.nasa.gov

Apakah perbedaan kutub utara (Arktik) dan kutub selatan (Antartika) ?. Perbedaannya adalah jika kutub utara adalah lautan yang membeku, maka kutub selatan atau Antartika merupakan daratan yang tertutup oleh es.

1Kehidupan Yang Tidak Mudah

Menjalani hidup di Antartika sangat berbeda dengan hidup di tempat normal. Selain suhu yang super ekstrim, di Antartika saat musim dingin tidak akan ada cahaya matahari selama 6 bulan. Di Concordia, Sumber makanan yang sulit di dapat, bahkan supermarket terdekat jaraknya 4.000 kilometer. Bahkan meskipun di sana berada di lingkungan banyak es, kita harus menghemat air karena dalam keadaan beku dan perlu banyak bahan bakar untuk mencairkannya. Jadi meskipun banyak es, hidup tidak akan mudah di sana !

Itulah beberapa fakta unik seputar benua Antartika, semoga artikel ini bermanfaat menambah pengetahuan dan wawasan kamu ya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here