Sumber: Gamebrott

Game adalah salah media hiburan yang memang diciptakan untuk menghilangkan stres dan juga kejenuhan. Selain itu, ada juga game yang diperuntukkan sebagai sarana edukasi kepada para pemainnya. Akan tetapi ada juga game yang dinilai memiliki dampak buruk kepada para pemainnya, terutama yang masih berada di bawah umur, karena dinilai bisa merusak moral mereka. Nah pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai 4 game yang dilarang di Indonesia, karena mengandung banyak unsur dewasa yang sangat tidak layak untuk anak di bawah umur.

1GTA San Andreas

Sumber: Hitekno

Siapa sih yang gak kenal dengan game GTA San Andreas? Namun dibalik kepopulerannya, ternyata GTA San Andreas masuk ke dalam daftar game yang dilarang di Indonesia. Alasannya pun jelas, karena game ini mengandung banyak adegan kekerasan dan adegan dewasa.

2RapeLay

Sumber: Gamebrott

Sejak pertama kali dirilis, RapeLay langsung menuai kecaman banyak pihak. Karena dalam game ini mengharuskan karakter pria untuk mengikuti wanita seksi dan kemudian mengajaknya untuk berhubungan seksual. Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia pun melarang keras peredaran game yang satu ini.

3Bully

Sumber: Grid.ID

Pada awal kemunculannya, game ini tidak ada masalah karena mengandung adegan yang cukup normal. Akan tetapi kemudian KPAI memutuskan untuk melarang game Bully beredar di Indonesia, karena dinilai akan mendorong seseorang untuk melakukan bullying kepada temannya. Karena memang di dalam game ini menyuguhkan banyak adegan bullying yang disertai dengan tindak kekerasan.

4Mortal Combat 11

Sumber: Youtube

Mortal Combat 11 menjadi game selanjutnya yang dilarang beredar di Indonesia. Karena selain mengandung kekerasan, di dalam game ini juga disisipi lambang komunis. Karena seperti diketahui, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat sensifit dengan komunis yang dinilai tidak sesuai dengan dasar negara Pancasila.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here