Sumber: http://muslimsprayertimes.com

Fourlook – Selama bulan suci Ramadhan, umat Muslim harus menghindari makan, minum, merokok, dan berhubungan seksual dari fajar hingga senja selain itu juga seharusnya menahan pikiran dan emosi negatif seperti kecemburuan dan kemarahan serta juga dilarang untuk melakukan hal-hal kecil yang tidak berguna seperti mengolok-olok, mengeluh, dan bergosip selama bulan Ramadhan.

Beberapa orang mungkin juga memilih untuk membatasi kegiatan seperti mendengarkan musik dan menonton televisi, dan menggantikannya dengan mendengarkan tilawah Al-Qur’an. Muslim juga harus memastikan diri untuk membatasi dari melakukan hal-hal yang akan mempengaruhi pahala puasa mereka. Banyak dari kita tidak tahu tentang hal-hal yang dapat mempengaruhi pahala puasa kita maka di bawah ini kita akan membahas beberapa hal yang mungkin akan atau tidak membatalkan puasa. – Ingat, baca hingga selesai ya!

1Hal-Hal yang Membatalkan Puasa

Sumber: www.metro.us
  1. Makan dan minum yang dilakukan secara disengaja, muntah-muntah yang disengaja, keintiman seksual antara pasangan yang sudah menikah, semua ini membuat seorang muslim akan batal puasanya.
  2. Masturbasi saat berpuasa.
  3. Membiarkan darah dengan cara bekam juga membatalkan puasa.
  4. Pencucian ginjal, di mana darah diekstraksi, dibersihkan dan kemudian dikembalikan ke tubuh dengan penambahan zat kimia seperti gula dan garam, dll dianggap dapat membatalkan puasa.

2Hal-Hal yang Tidak Membatalkan Puasa

Sumber: www.guardian.ng
  1. Menggunakan Miswak atau menyikat gigi selama berpuasa tidak membatalkan puasa. Namun untuk kasus menyikat gigi, diharapkan untuk tetap berhati-hati agar tidak tertelan, karena jika tertelan akan membatalkan puasa
  2. Makan, minum atau merokok secara tidak sengaja, yaitu, terlupa ketika sedang berpuasa. Tetapi seseorang tersebut harus segera berhenti setelah mengingatnya dan melanjutkan berpuasa.
  3. Menerima suntikan anestesi untuk prosedur medis tidak membatalkan puasa.
  4. Berbohong atau bersumpah-serapah tidak merusak puasa tetapi akan mengurangi pahala puasa.
  5. Menggunakan wewangian aka parfum tidak merusak puasa. Penggunaanya dibolehkan asal tidak terlalu dalam ketika menghirupnya.

Ini adalah beberapa hal yang dapat mempengaruhi pahala puasa. Semua kita harusnya perlu tahu tentang hal-hal ini dan mencoba untuk menghindari kelakuan tersebut untuk menjaga momen khusyu’ kita dalam bulan Ramadhan. Semoga الله meningkatkan pengetahuan kita dan memberi kita kekuatan untuk membuat Ramadhan ini menjadi bermanfaat bagi kita. آمين!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here