Fourlook –¬†Apa yang kita makan, atau pilih untuk tidak memakannya, selama bulan Ramadan akan membuat perbedaan besar untuk tingkat energi selama menjalani waktu berpuasa. Setelah berpuasa sepanjang hari, sering akan muncul godaan untuk makan secara berlebihan dan mengonsumsi minuman bergula saat berbuka puasa dan sebelum tidur, tetapi yang tidak kita ketahui adalah tindakan ini sebenarnya merugikan diri kita sendiri.

Asumsi yang berkembang di masyarakat adalah strategi “balas dendam” ketika berbuka dengan mengonsumsi banyak jenis makanan dalam jumlah yang berlebihan. Berpuasa seharusnya memberikan kesehatan kepada tubuh dan pikiran kita, namun kebiasaan buruk ini malah akan memberi dampak buruk bagi tubuh kita. Mengontrol asupan makanan kala berbuka menjadi salah satu langkah krusial dalam meraih keberhasilan selama Ramadhan dan oleh karena itu, penting untuk menyeimbangkan diet kita selagi berbuka. Berikut beberapa jenis makanan terbaik [dan terburuk] saat berbuka puasa. Ingat! yang baik diikuti, yang buruk ditinggalkan.

1Pilihan Terbaik untuk Dikonsumsi saat Berbuka

Sumber: i.imgflip.com

Air

Untuk menghindari dehidrasi, minum air sebanyak mungkin atau jus buah antara waktu buka puasa dan waktu tidur. Air merupakan pilihan terbaik untuk memasok kembali jumlah cairan ke dalam tubuh namun beberapa diantara kita masih lebih memilih untuk berbuka dengan jenis-jenis minuman lain.

Buah

Sumber: http://wishfulchef.com

Jelas buah akan menjadi pilihan utama kala berbuka puasa, terlebih lagi buah-buahan yang kaya dengan kandungan kalium seperti kurma dan pisang. Kalium diperlukan untuk fungsi yang tepat dari banyak sistem tubuh. Beberapa peran utamanya termasuk meminimalkan kram dan menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Sayur

Sumber: www. livestrongcdn.com

Mentimun, selada dan sayuran lainnya mengandung serat dan jumlah air yang tinggi. Jenis sayuran ini tidak hanya membantu tubuh kembali cooling down, tetapi juga merupakan pilihan yang sempurna untuk menjaga kulit tetap sehat dan menghindari masalah pada lambung selama bulan Ramadhan.

2Pilihan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka

Sumber: blogspot.com

Gorengan

Makanan berminyak dan digoreng, seperti pangsit goreng, samosa, kue kering, dan kari berminyak, harus dihindari karena mengandung lemak dan disimpan di dalam tubuh sebagai jaringan lemak. Masalah yang berpotensi timbul dari memakan makanan berlemak setelah berjam-jam berpuasa adalah naiknya tingkat keasaman dalam lambung dan gangguan pencernaan.

Minuman Bersoda

Sumber: wp.com

Sebisa mungkin hindari meminum minuman olahan dan minuman berkarbonasi, yang biasanya mengandung gula yang sangat tinggi yang akan meningkatkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas, dan dapat menyebabkan kembung yang berujung pada gangguan pencernaan. Pilihan terbaik tetap jatuh pada air putih dan mungkin kamu bisa memilih variasi minumain seperti air kelapa untuk memuaskan dahaga saat berbuka.

Makanan Sarat Gula

Sumber: turner.com

Makanan dengan kadar gula yang tinggi seperti permen dan coklat harus dihindari karena mengandung nilai gizi yang sangat sedikit dan kalori yang sangat tinggi. Jenis makanan ini berkontribusi pada penambahan berat badan dan dapat menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi setiap hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here