Fourlook – Didalam sahur ada keberkahan dan dari momen keberkahan inilah kita memulai ibadah berpuasa. Jadi proses makan sahur bukan hanya tentang makan untuk persiapan menahan lapar. Esensi berpuasa adalah untuk menyeimbangkan diri, so jelas kita harus memulai dengan “keseimbangan” dari waktu sahur.

Pilhan makanan yang dikonsumsi sewaktu sahur harus seimbang dan mengandung manfaat dari setiap kelompok makanan, seperti sayuran, cereal, daging, produk olahan susu dan buah. Jadi pastikan untuk “mengelola” pola makan di saat sahur untuk membantu meraih equilibrium diri dalam bulan yang suci ini.

1Makanan Terbaik yang Harus Dimakan Saat Sahur

Sumber: generationiron.com
Makanan yang kaya Protein

Telur mengandung protein dan nutrisi lain yang tinggi. Makanan ini tidak hanya membantu anda untuk tetap kenyang lebih lama, tetapi dapat diolah dengan beberapa cara yang sesuai dengan selera kita.

Makanan yang kaya Serat
Sumber: www.macheesmo.com

Oatmeal adalah jenis makanan kaya serat, yang dibutuhkan tubuh selama sahur. Serat larut akan berubah menjadi gel di perut dan memperlambat pencernaan, yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol dan glukosa darah. Makanan ini juga akan membuat kita tetap bersemangat sepanjang waktu berpuasa.

Makanan yang kaya Vitamin dan Kalsium
Sumber: www.nof.org

Produk olahan susu merupakan sumber nutrisi yang terbaik. Pilihlah smoothie yoghurt atau milkshake vanila dan madu agar tetap kenyang dan terhidrasi sepanjang hari. Tapi ingat, kurangi jumlah gula untuk mengurangi dampak buruk dari glukosa berlebih saat berpuasa.

2Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Sahur

Sumber: www.businessinsider.com

Jenis Makanan Karbohidrat Olahan

Makanan ini, seperti gula, tepung putih, kue kering, donat, dan croissant, memberikan kepuasan hanya selama tiga hingga empat jam dan rendah nutrisi yang penting untuk tubuh selama berpuasa.

Makanan yang Asin

Sumber: cauchymurtopo.files.wordpress.com

Ketidakseimbangan kadar natrium di tubuh akan membuat kita menjadi cepat dan sangat haus saat berpuasa, jadi cobalah untuk menghindari kacang asin, acar, keripik dan makanan yang mengandung kecap.

Minuman Berkafein

Sumber: www.50-best.com

Kopi memiliki tingkat kafein yang menyebabkan insomnia dan memantik rasa gelisah. Selain itu, jenis miniman ini tidak menghidrasi tubuh dan malah membuat tubuh kita menjadi gampang untuk craving terhadap air sepanjang hari.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here