Sumber : www.shutterstock.com

Di bulan ramadhan ini, seluruh umat islam di Indonesia maupun di dunia tentunya melaksanakan ibadah puasa. Ibadah yang dilakukan selama 30 hari ini akan menguji kesabaran kita untuk menahan lapar dan haus serta hal-hal yang dapat membatalkan puasa.  Ternyata, dalam dunia mistis jawa, ada ritual puasa untuk maksud tertentu. Ada yang ingin mendatangkan rezeki, menguasai suatu ilmu, menolak bala, dan sebagainya. Beberapa macam puasa di tanah jawa antara lain sebagai berikut ini.

5Puasa Mutih

Sumber : www.nasionalisme.co

Puasa ini merupakan ritual yang dimaksudkan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih spesifik. Misalnya jika seseorang ingin menguasai suatu ilmu ghaib, maka wajib baginya untuk berpuasa dengan maksud memperdalam ilmu tersebut. Uniknya puasa ini hanya dilakukan dengan makan nasi saja tanpa lauk. Minum pun harus dengan air putih saja. Puasa dilakukan agar membersihkan jiwa dan raga supaya lebih mudah menyerap ilmu kebatinan.

4Puasa Weton

Sumber : www.walisembilan.com

Arti dari weton adalah hari kelahiran. Puasa weton berarti puasa yang dilakukan saat hari kelahiran. Dalam budaya Jawa, ada 6 hari weton yaitu pahing, pon, wage, kliwon, dan legi. Puasa ini dilakukan dengan cara mengapit hari lahir. Artinya, apabila si pengamal lahir di senin pahing, maka Ia harus puasa dimulai dari hari minggu legi sampai selasa pon. Puasa ini dipercaya sebagai penolak sial atau bala.

3Puasa Ngebleng

Sumber.www.chuckduboff.com

Secara bahasa, ngebleng dalam bahasa Indonesia berarti kosong. Saat melakukan puasa ini, si pengamal harus menghentikan segala aktivitas sehari-hari dengan maksud menahan lapar dan haus. Selain itu, ia juga harus mengurangi jam tidurnya serta saat malam tidak boleh ada sinar yang menerangi kamarnya dan kondisi harus gelap gulita. Bahkan, si pengamal tidak boleh keluar dari kamarnya kecuali hanya untuk buang air saja. Tujuan ritual ini adalah untuk menguatkan sukma atau jiwa si pengamalnya dan terhindar dari nafsu duniawi. Sehingga keinginannya yang dicita-citakan dapat terwujud.

2Puasa Pati Geni

Sumber : www.shutterstock.com

Hampir sama dengan puasa mutih dan puasa ngebeng, puasa pati geni bertujuan untuk memudahkan si pengamal dalam meraih keinginannya. Perbedaannya, khasiat puasa ini lebih besar dan syaratnya lebih berat. Si pengamal tidak boleh keluar ruangan dan kamar harus gelap gulita. Kemudian dia harus fokus memanjatkan doa dan membebaskan nafsu duniawinya. Gilanya, puasa ini dilakukan selama 24 jam hingga seminggu penuh. Makin besar hajatnya, makin berat syarat puasa yang dijalankan.

1Puasa Ngewulang

Sumber : www.youtube.com

Puasa ini bisa terbilang unik dan cukup berat. Selain harus menahan lapar dan dahaga, si pengamalnya harus dikubur pada bagian tertentu tubuhnya. Misalkan, hanya menyisakan bagian kepala saja, sedangkan anggota tubuh lainnya dikubur.

Itulah beberapa jenis puasa kejawen yang ada di tanah jawa. Mungkin ada yang menganggap juga beberapa puasa ini tidak dibenarkan karena mengandung unsur penyekutuan. Untuk kita sih ya mungkin cukup sekedar tahu saja ya? Sekarang kita puasa ramadhan saja terlebih dahulu.

 Sumber : www.pesugihan.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here