pinterest.com

Vampir merupakan makhluk mitos yang sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Entah mungkin namanya berbeda-beda di setiap tempat maupun generasi, tetapi mitos tentang makhluk penghisap darah memang sangat terkenal. Mereka digambarkan sebagai sosok iblis yang sangat mengerikan. Gambarannya entah mengapa jadi berbeda 180 derajat dari vampir di era kekinian.

Hal tersebut kemungkinan karena perubahan cerita dari masa ke masa. Stereotip memang bisa berubah seiring dengan tren saat itu. Lalu, seperti apakah kira-kira kisah vampir ini dimulai hingga seperti sekarang?

1Children of the Night, Kisah Makhluk Penghisap Darah Asal Sumeria

pinterest.com

Children of the Night diceritakn dalan teks yang dimiliki bangsa Sumeria. Di dalam teks tersebut dikisahkan bahwa sekitar 4000 tahun yang lalu terdapat seorang gadis yang suka menghisap darah. Hal tersebut karena sang gadis memang merupakan anak dari Lilith, yaitu makhluk iblis yang membuat Adam dan Hawa dibuang ke bumi. Gadis tersebut kemudian diberi nama Lillu, yang digambarkan kerap menghisap darah dari para bayi. Konon, darah adalah makanannya, sehingga ketika dia tidak meminum darah, maka nyawanya bisa melayang.

2Kisah Revenants yang Dipercayai Bangsa Eropa Zaman Dulu

pinterest.com

Di Eropa, sekitar abad ke 12, banyak sekali kisah-kisah mengenai adanya Revenant. Inilah mengapa dalam kuburan-kuburan lama yang ditemukan para ilmuan modern, beberapa mayat ditemukan tidak memiliki jantung. Hal tersebut tampaknya pengaruh dari isu seputar Revenant, yaitu makhluk yang hidup kembali dari kematian dan mengutuk setiap orang yang ditemuinya, sebab sewaktu hidup, orang tersebut memiliki watak yang kejam dan jahat sehingga ia bangkit dari kematian. Kemudian untuk membunuh Revenant yang jahat dan suka menghisap darah, maka jantung mereka harus diambil sebelum kembali dikuburkan.

3Legenda Draugr dari Norwegia

blogspot.com

Bisa dibilang ciri Draugr ini hampir mirip dengan vampir yang selama ini kita kenal. Mereka merupakan makhluk seperti Revenant yang hidup dari kematian, tetapi hebatnya mereka pun bisa mengendalikan cuaca dan memberi penderitaan bagi orang lain. Ketika siang hari, makhluk ini memilih mendekam di rumah-rumah tua, sedangkan ketika malam akan keluar dan berburu makanan. Tentu saja mekanan mereka adalah darah manusia. Kedatangan Draugr juga ditandai dengan kabut yang pekat, dan mereka bahkan bisa merasuki mimpi seseorang. Draugr dikenal kejam karena suka menyiksa hewan maupun manusia, jadi jangan berpikiran tentang makhluk tampan yang mendatangi mimpimu dengan indah.

4The Vampyre Karya John Polidori

pinterest.com

Ketertarikan orang-orang dengan kisah makhluk penghisap darah membuat John Polidori menuliskan sebuah novel yang menceritakan tentang The Vampyre. Setelah itu, kisahnya pun menjadi populer dan menginspirasi penulis cerita vampir lainnya. Bahkan Leo Tolstoy dan Alexandre Dumas pun membuat cerita vampir ala mereka sendiri.

5Carmilla

wikimedia.org

Sejarah mengenai rupa dan penggambaran vampir pun mulai berubah lagi sejak adanya novela berjudul Carmilla yang ditulis oleh Joseph Sheridan Le Fanu. Kisah di dalam novela tersebut menceritakan tentang seorang gadis bernama Carmilla, seorang putri raja yang suka berkeliaran di malam hari dalam kondisi tidur. Anehnya, setiap pagi akan ada saja gadis yang mengalami sakit aneh hingga meninggal dunia. Cerita ini pun bertahan cukup lama sampai 20 tahunan. Bahkan menjadi inspirasi untuk menulis kisah vampir lainnya, yaitu Drakula, karya Bram Stoker, yang sampai sekarang seolah menjadi pakem kisah-kisah vampir lainnya.

6Nosferatu

pmcvariety.files.wordpress.com

Nosferatu merupakan sebuah film asal Jerman, yang cerita keseluruhannya sebenarnya mengadaptasi novel Bram Stoker, Drakula. Namun, karena tidak memperoleh hak cipta resmi, istilah-istilah seperti vampir pun diganti menjadi Nosferatu. Sedangkan nama Count Dracula, diubah menjadi Count Orlok. Masalah hak cipta ini juga yangmembuat film ini harus dibinasakan. Meskipun begitu, ternyata nama Nosferatu masih juga populer sampai sekarang.

7Zombie

ideahacks.com

Kamu mungkin lebih sering melihat zombie di novel-novel sci-fi daripada fantasi. Namun, ide dari makhluk zombie ini ternyata juga terinspirasi dari vampir. Hal ini berkat novel I Am Legend yang menceritakan tentang pandemi bakteri yang membuat orang-orang berubah menjadi vampir. Kemudian seiring berjalannya waktu, kisah-kisah mengenai zombie pun seperti dipisahkan sendiri dari vampir.

8Vampir Zaman Sekarang(?)

denofgeek.com

Vampir sekarang kebanyakan diceritakan sebagai suatu klan tertentu, dan biasanya selalu digambarkan memiliki permusuhan sengit dengan manusia serigala. Contoh saja dari film Underworld maupun Twilight.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here