Sumber: bayisiapa.wordpress.com

Musik adalah bahasa universal. Pendengar bisa menterjemahkan dan memaknai setiap lagu tergantung dari asumsi dan persepsi masing-masing. Tak ada patokan dalam bermusik. Bahkan musisi pun tidak perlu berpikir keras dalam membuat bait-bait lirik. Sebab sejatinya imajinasi lebih mudah dituangkan.

Maraknya industri musik komersil, para musisi membuat ragam lagu yang mudah didengarkan dan diterima oleh pendengar. Namun di tengah itu semua ada seorang musisi yang tetap konsisten dengan musiknya yang abstrak, yakni Danilla Riyadi. Gadis yang jago memainkan gitar sekaligus pianika ini, membuktikan bila musik adalah bukanlah sesuatu yang bisa dikekang.

Danilla berhasil menggabungkan karakter dan perasaan menjadi satu, sehingga tercipta banyak lagu-lagu yang tak mudah diterjemahkan. Kira-kira apa yang sebenarnya ingin sampaikan hingga harus membuat penggemar bertanya-tanya?

1Berteman dengan masa lalu

Sumber: dzofar.com

Setiap orang memiliki kisahnya masing-masing. Kini akan menjadi masa lalu di akan datang. Namun setiap jalan yang ditempuh tentu memberikan pelajaran untuk ke depannya. Hal itulah yang ingin disampaikan Danilla.

Perjalanan masa lalu, termasuk karir dan percintaannya tidaklah semulus saat ini. Ia perlu berjuang dari titik nol dan mengetahui keinginan dalam diri sendiri. Dengan begitu ia tak akan pernah berhenti berkarya, namun tetap berpegang teguh pada pelajaran masa lalu.

2Ikhlas berkarya

Sumber: feedram.club

Bagi Danilla bermusik bukanlah hanya karena ikut-ikutan. Ia bahkan tak pernah membayangkan sebelumnya bila akan menjadi seorang penyanyi. Oleh sebab itu ia sempat menolak saat ditawari rekaman oleh salah satu label terkenal. Alasannya simpel, Danilla ingin menjadi dirinya sendiri.

Oleh sebab itu ia tak pernah mengekang pikirannya untuk membuat lagu yang berusaha menyenangkan orang ain. Cukup dengan perasaan dan karakter, maka jadilah sebuah lagu yang justru menenangkan pendengarnya.

3Kegalauan adalah penyemangat

Sumber: www.youtube.com

Dari semua lagu Danilla, tak ada yang memiliki nada menggebu apalagi penuh semangat. Justru pendengar akan merasakan sensasi galau dan kepedihan. Namun rupanya hal tersebut bukanlah tanpa alasan.

Ia berpendapat bahwa kegalauan bisa dilihat dari perspektif yang berbeda, yakni pembawa semangat dalam berkarya. Dirinya menyadari bila setiap lagu yang diciptakan justru memiliki nada minor dan terkesan gloomy. Namun demikian justru itulah yang ingin disampaikan, kegalauan tak selamanya membawa kesedihan.

4Berbicara dengan perasaan

Sumber: komunitaskretek.or.id

Bebeda dengan lagu genre masa kini yang sebagian pesar penuh dengan hip hip hura. Justru Danilla konsisten dengan karakternya. Memiliki lirik yang susah diterjemahkan, Danilla mengaku tidaklah susah dalam mengungkapkan itu semua. Ia hanya berbicara dengan perasaan kemudian dituangkan dalam setiap karya.

Menjadi diri sendiri bisa menjadikanmu sebagai seorang yang berbeda. Namun demikian, percayalah bila kisah masa lalu dan perasaan itu tak mesti tentang kepedihan. (ind/flk)

Source: Qubicle.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here