brilio.net/

Kalimantan menjadi pulau yang terkenal akan sumber daya alamnya yang melimpah. Keindahan alam di Kalimantan sering kali memukau masyarakat dunia dan juga Indonesia sendiri. Akan tetapi, di Kalimantan juga masih sangat populer dengan cerita-cerita mistinya. Terutama seputar hantu dan ilmu perdukunan.

Hantu-hantu di Kalimantan bahkan digambarkan sangat menyeramkan. Beberapa juga sudah populer di kalangan masyarkat Indonesia. Saking seramnya, kadang mendengar namanya saja sudah bikin bulu kuduk berdiri. Seperti beberapa hantu Kalimantan berikut ini.

1Rabing

ncache.ilbe.com

Rabing ini merupakan hantu jahat yang tinggalnya di sungai-sungai. Terutama di sungai-sungai yang dianggap angker. Ada yang menyebut bahwa Rabing ini berwujud seperti tikar, sehingga orang-orang akan menganggapnya sebagi tikar yang hanya terbawa air sungai. Namun, ketika kamu lengah sewaktu berenang, hantu Rabing akan menggulungmu sampai kamu kehabisan napas, lemas lalu mati. Tidak hanya itu, wujudnya pun bisa berbentuk mirip penyu. Beberapa orang juga mengatakan bahwa jika ada air sungai yang permukaannya tenang tapi di bagian dalamnya berputar-putar, bisa jadi itu adalah hantu Rabing.

2Anak Sima

jurnalx.com

Jika Rabing saja sudah menakutkan, maka Anak Sima lebih menakutkan lagi. Cerita hantu yang berasal dari masyarakat sekitar sungai hulu ini mengisahkan tentang seorang bayi hasil hubungan tidak sah yang dibuang ke hutan. Demi menutupi aib sang ibu. Bayi tersebut pastilah kelaparan dan kedinginan, sampai akhirya dia pun diasuh oleh makhluk halus bernama Takau. Pada akhirnya, bayi yang sudah menjadi monster menakutkan itu akan mendatangi rumah-rumah dan memakan jantung orang. Oleh sebab itu, ketika ada suara bayi menangis di samping rumah, maka sang pemilik rumah akan berkata: aku bukan ibumu, ibumu si itu yang berada di kampung itu. Maka si Anak Sima akan pergi mendatangi tempat yang disebutkan.

3Takau

blogspot.com

Takau merupakan makhuk halus yang dipercaya punya kesaktian paling tinggi. Dia bahkan dipercaya bisa merubah wujudnya menjadi apa saja, termasuk hewan maupun manusia. Namun, yang paling sering ia tiru adalah wujud seekor kucing karena wujud tersebut paling berguna ketika menggoda manusia. Tentu saja, karena kesukaan Takau adalah menggoda manusia. Meskipun begitu, ia tidak terlalu sering melakukannya.

4Mariaban

yukepo.com

Jika masyarakat percaya bahwa Genderuwo adalah makhuk mistis raksasa yang menyeramkan, maka masyarkat Kalimantan juga punya Mariaban. Bahkan konon makhluk ini bertubuh merah, semerah darah. Selain itu, hantu satu ini juga anarkis, suka menyerang manusia. Anehnya, malah banyak orang yang mencarinya, untuk diambil bulunya. Sebab, bulu rambut Mariaban paling ampuh untuk memikat orang lain. Semacam jimat pengasih.

5Kuyang

brilio.net/

Inilah hantu Kalimantan yang paling populer se-Indonesia. Kuyang merupakan wanita penganut ilmu hitam yang selalu ingin memiliki wajah cantik awet muda. Oleh sebab itu, ia pun kerap melakukan ritual berupa meminum darah wanita melahirkan. Ketika melakukan aksinya, Kuyang akan melepas kepala dari tubuhnya, tetapi organ-organ dalamnya masih menempel di kepala. Sehingga ketika ia terbang, kamu akan menemui kepala tanpa tubuh tapi ada organ-organ dalamnya. Untuk menangkal Kuyang, orang-orang pun menyiapkan cermin, sisir dan pisau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here