Sumber: www.corriere.it

Saat kamu di cafe, meminum segelas kopi sambil mendengarkan musik jazz slow, apa yang dirasakan? Tenang dan rilex bukan? Tak ayal jika jenis musik satu itu digandrungi oleh pecintanyanya.

Selain memberikan sensasi tenang, jazz nyatanya juga bisa menstimulasi otak janin di dalam kandungan, lho. Meski awalnya dianggap sebagai musik kelas menengah atas, namun kini rupanya aliran tersebut sudah masuk ke dalam lapisan masyarakat.

Kalau kamu suka bertanya-tanya dengan musik jazz yang beraneka ragam, ketahui dulu yuk jenis aliran yang ada di dalamnya berikut ini!

1Classic Jazz

Sumber: wclk.com

Apakah kamu pecinta grup musik New Orleans? Nah, nama mereka diambil dari julukan orang-orang terhadap Classic Jazz,  New Orleans Style. Kisah awalnya merupakan brass band yang ditampilkan di acara dance dan pesta pada akhir tahun 1800 hingga awal 1900-an. Jika kamu mendengarkan lebih dalam, maka akan terdengar suara klarinet, saxophone, cornet, trombone, banjo, bass, hingga piano.

2Swing

Sumber: www.amazon.com

Swing memiliki irama musik yang mendayu-dayu dan membuat pendengarnya mudah mengikuti iramanya yang mengayun. Aliran jazz ini dikenalkan pada tahun 1930-an dan disebut dengan musik dance. Genre ini tak hanya bisa ditampilkan secara kelompok namun juga solo karena lebih mudah diimprovisasi. Salah satu musisi terkenal Swing adalah Benny Goodman.

3Bossa Nova

Sumber: www.npr.org

Musik jazz menenangkan yang bisa dimainkan dengan piano atau gitar ini dinamakan dengan Bossa Nova. Orang biasa menyebutnya dengan Brasillian Jazz karena penggabungan dari West Coast Cool, European Classical Harmonies dan Ryhtm Samba Brasil. Aliran ini berkembang di Amerika sekitar tahun 1962, dengan jajaran musisisnya seperti Charlie Byrd dan Stan Getz.

4Free Jazz

Sumber: metropolis.free-jazz.net

Free jazz atau Avante Garde tak terpatok pada nada dan melodi dasar dari alirannya. Para musisi bebas berekspresi dengan musiknya, namun tetap dengan rasa jazz.

5Mainstream

Sumber: www.jonraney.com

Pada akhir tahun 1970 dan awal 1980-an, genre jazz mengalami perkembangan. Aliran modern mainstream lahir atau disebut dengan Post Bop. Genre ini kemudian mempengaruhi jenis musik lainnya, seperti Cool Jazz, Classic dan Hardbop. Mainstream tidak terlalu memiliki hubungan dengan aliran historis dari musik jazz.

6Groove

Sumber: www.sbjf.cz

Groove juga sering disebut dengan Of-Shoot of Soul Jazz karena menggunakan tone-tone dari musik blues dan memfokuskan pada rhytm. Berbeda dengan aliran lainnya yang cenderung pelan, mendayu-dayu dan lebih teratur, genre ini bernuansa gembira dan membuat pendengarnya untuk menari bersama. Jarang ditemukan imprvisasi solo, dan lebih dimainkan secara bersama-sama atau kelompok.

Sekarang sudah tahu kan ragam jenis musik jazz yang pernah diciptakan? Jadi, jazz yang sering dengarkan alirannya apa, guys? (ind/flk)

Source: musikko.wordpress.com

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here