Sumber: youtube.com

Dalam film atau bacaaan sains fiksi, lubang hitam sering disebutkan. Digambarkan lubang gelap tersebut mampu menyedot apa pun yang ada di sekitarnya termasuk bintang dan planet. Maka masih tidak ada yang tahu bagaimana keadaan seseorang jika memasukinya.

Namun para ilmuwan sepakat bila Black Hole adalah jalan pintas untuk menuju dimensi lain. Jika merujuk pada teori Einsten, maka di dalam lubang gelap tersebut tidak berlaku waktu. By the way, dimensi apakah di balik lubang hitam?

1Atom dalam tubuh akan terpisah

Sumber: universe404.blogspot.com

Bila dalam cerita fiksi Black Hole bisa membawa seseorang menuju alam semesta lain, namun nyatanya jika manusia memasukinya akan tertarik dan atom-atom dalam tubuh terpisah. Kemudian kamu akan dibawa pada tempat awal atau bahkan berada di lokasi yang tidak terbayangkan.

2Lubang hitam dapat membengkokkan angkasa luar

Sumber: www.ark21.com

Para ilmuwan memisalkan secarik kertas dengan titik di ujung kiri serta kanan. Jika ingin menggabungkan titik tersebut, maka harus ditarik garis dari titik satu ke yang lainnya.

Tapi cara cepatnya yaitu dengan melipat atau membengkokkan kertas sehingga kedua titiknya bertemu. Itulah ilustrasi lubang hitam yang dapat membengkokkan luar angkasa.

3Waktu dan ruang tidak mempunyai arti

Sumber: money.id

Meski terlihat hitam pekat seperti ruang gelap dan kosong, namun sebenarnya lubang hitam berisi sejumlah materi yang masuk ke dalam ruang kecil dan padat. Singularitas tersebut terdiri dari kumpulan materi yang ada di alam semesta dengan kerapatan, temperatur dan tekanan yang tak terhingga. Jadilah menurut Einstein, waktu dan ruang tak mempunyai arti lagi.

4Bisakah tak terhisap dari lubang hitam?

Sumber: merinding.com

Black Holes bisa menyedot benda apa pun yang ada di sekitarnya termasuk bintang dan planet. Tapi ada cara untuk bisa lolos dari hisapannya. Seperti dilansir dari Liputan6.com, kecepatan yang diperlukan agar tak terhisap dari lubang ini haruslah lebih kencang dari kecepatan cahaya, yakni 299.792 kilometer per detik.

Namun sayangnya tidak ada satu benda angkasa sekalipun manusia yang bisa mencapai kecepatan tersebut. Jadi semua benda di sekitarnya tak akan bisa lolos.

5Worm Hole bagian dari Black Hole

Sumber: zeenews.india.com

Segala sesuatu di alam semesta ini berotasi. Sama halnya dengan singularitas pada Black Hole yang berputar dengan cepat hingga membentuk cincin yang akhirnya disebut dengan wormhole. Menurut para fisikawan, titik inilah untuk menuju ruang dan waktu lain.

Sementara singularitas pada Black Hole bersifat tak berujung meskipun menempuh jarak dan waktu yang panjang. Sementara wormhole justru dapat membengkokkan sehingga bisa memutar ruang dan waktu.

6Hingga kini masih diteliti

Sumber: merinding.com

Ada dimensi lain di balik Black Hole serta ruang dan waktu yang berbeda dari wormhole. Tapi hingga kini masih belum begitu jelas. Sebab tidak ada yang tahu proses terbentuknya cincin tersebut. Sementara para ilmuwan merasa kesulitan membongkar rahasia di balik lubang cacing.

Meski selama ini Black Hole diyakini sebagai pintu gerbang menuju dari galaksi satu ke galaksi lain dan bisa melintasi ruang serta waktu. Namun, tidak ada penelitian yang bisa membuktikannya sebab selama ini tidak ada yang keluar dari Black Hole walau hanya material kecil.

Menarik ya jika bisa berpindah dari galaksi satu dan lainnya hanya dengan masuk ke dalam lubang hitam? Namun hingga kini tak ada penelitian yang bisa membuktikan. (ind/flk)

Source: Liputan6.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here