yukepo.com

Body Farm, apa yang terbersit di kepalamu ketika membaca kata tersebut? Pertaniam tubuh? Pertanian mayat? Hampir benar, tetapi Body Farm sebenarnya adalah tempat di mana seseorang bisa meneliti kondisi mayat. Tempat ini biasanya digunakan oleh para peneliti di bidang antropologi, terutama penelitian mengenai proses pembentukan mayat itu sendiri seperti apa.

Memang hal ini agak menakutkan bagi orang awam, tetapi fasilitias hasil gagasan Universitas of Tennessee ini sangat membantu dalam kemajuan ilmu pengetahuan. Terutama di bidang forensik, yang jelas akan membantu para polisi dalam meneliti mayat-mayat tindak kriminalitas.

Lalu, apakah hanya itu fakta tentang Body Farm? Jelas tidak. Oleh sebab itu, mari ulas bersama mengani Body Farm ini.

1Sejarah Dibuatnya Body Farm

blogspot.com

Body Farm sebenarnya adalah gagasan dari seorang Doktor antropologi bernama William M. Bass. Ide tersebut meluncur di tahun 1972 lalu, dan memang cukup ditentang banyak orang karena aneh. Bagaimana tidak aneh, karena William mengajukan pembuatan tempat yang khusus untuk mengamati proses pembusukan mayat manusia. Jelas idenya ini tidak wajar.

Meskipun begitu, William tetap melakukan idenya tersebut, dan dia memulai dengan hanya sepetak tanah dan sebuah mayat yang didapatkannya dari fakultas kedokteran. Namun, siapa yang menyangka jika usaha William semakin berkembang dan fasilitas Body Farm ini sekarang luasnya sudah mencapai 3 hektar.

2Asal Mayat-Mayat di Body Farm

eeekemp.files.wordpress.com

Menjadi tempat di mana berbagai penelitian tentang mayat dilakukan, maka Body Farm sudah pasti membutuhkan mayat sebagai bahan utamanya. Namun, bagaimana mereka mendapatkan mayat? Ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan, sebab, masyarakat sendiri, khususnya orang-orang Eropa, sangat antusias untuk menyumbangkan tubuh mereka ketika sudah mati sebagai objek penelitian. Bahkan sekarang ini sudah ada 2000-an lebih pendaftar yang bersedia berpartisipasi demi kelangsungan ilmu pengetahuan ini.

Bagi sebagian besar orang mungkin hal itu aneh untuk dilakukan, tetapi cukup biasa bagi orang-orang Eropa yang memang senang dapat membantu perkembangan sains. Selain itu, apabila terdapat mayat tidak teridentifikasi, Body Farm juga siap menampungnya untuk diteliti, terutama mayat dengan kondisi yang sesuai dengan penelitian saat itu.

3Proses Penelitian Mayat di Body Farm

yukepo.com

Ada banyak cara mayat-mayat di Body Farm diteliti. Salah satunya adalah dengan membiarkan mayat tergeletak di tanah dan dibiarkan membusuk. Namun, peletakan ini pun tidak sembarangan, bisa di tempat yang agak lembab, maupun yang terpapar langsung sinar matahari. Ada pula mayat yang diletakkan di rumah kaca, ruang tertutup dan lain sebagainya. Hal ini supaya para peneliti bisa mengambil data dan menemukan pengetahuan baru dari proses pembusukan tersebut.

Berkat adanya Body Farm ini, berbagai pengetahuan baru pun bermunculan dan bahkan sekarang tempat ini dijadikan lokasi pelatihan tim forensik. Berguna sekali, ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here